• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Musuh dari Musuhku adalah Temanku

Teknologi Pengendalian Hama Pengisap Polong Kedelai Riptortus linearis dengan Agens Hayati Cendawan Entomopatogen Verticillium lecanii

Deskripsi Singkat


Riptortus linearisadalah kepik pengisap polong yang dominan di pertanian kedelai dan dapat menyebabkan kehilangan hasil sampai 80% bila tidak dilakukan pengendalian. Selama ini petani menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya untuk mengatasi masalah tersebut. Namun pemakaian yang berlebihan akan mengakibatkan kerusakan pada lingkungan dan juga menjadikan produk tanaman berbahaya untuk dikonsumsi.

Pemanfaatan musuh alami hama pengisap polong, cendawan Entomopatogen Verticillium lecanii, sebagai bioinsektisida memiliki kelebihan selain membunuh nimfa dan kepik dewasa, juga efektif mengendalikan telur hama. Cendawan ini mudah dibiakkan secara massal dan aman bagi lingkungan.

Enemy of My Enemy is My Friend

 

Short Description


Riptortus linearis is a dominan soybean pod bug (pest) and can cause 80% lost if not contolled. Chemical pesticide though efficient can effect the environment negatively, and leave residue, dangerous if consumed.

Natural enemy of the pest, an entomopathogenic fungi - Verticillium lecanii, kills not only nymphs and adult insects, but also the eggs. This fungi is breedable and naturally safe for the environment.


Perspektif

Hama pengganggu tanaman produksi pun umumnya selalu memiliki musuh alami, yang bila diketahui dan dikenal dengan baik, dapat diolah menjadi senjata alami yang ampuh untuk mengendalikan hama tersebut, tanpa harus merusak lingkungan.

Keunggulan Inovasi:

  • Teknologi ini mampu menekan telur (i)R. linearis(/i) agar tidak menetas
  • Pencemaran lingkungan oleh polutan dan residu bahan kimia dapat dihindari

Potensi Aplikasi:

Industri Biopestisida.


Innovator:

Tim Inovasi

Teguh Santoso; Yusmani Prayogo; Marwoto

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Gedung AHN lt.5 IPB Dramaga, Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi