• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Minuman untuk Otak

Minuman Fungsional Antanan (Centella asiatica I. urban)

Deskripsi Singkat


Tanaman Antanan (Centella asiatica L.Urban) dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Uji klinis herbal antanan di India, merekomendasikan bahwa tanaman ini dapat meningkatkan IQ, kemampuan mental, serta menanggulangi lemah mental pada anak-anak. Penelitian lain membuktikan, tanaman Centella dapat meningkatkan kemampuan belajar dan memori seseorang. Karena manfaatnya itu, tanaman ini juga dikenal sebagai makanan otak.

Pembuatan Minuman Fungsional Antanan dimulai dengan pembersihan dan pelayuan/pengeringan bahan baku. Daun kering kemudian dicacah dan difermentasi agar enzim dapat bereaksi, setelahnya kembali dikeringkan dan diekstraksi. Minuman Fungsional ini diketahui dapat menstimulasi sel saraf otak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Drink for the Brain

 

Short Description



Clinical trial on Antanan plant (Centella asiatica L.Urban) in India showed that it can increase IQ, mental ability and overcome mental weakness on children.

Extraction process on Antanan leaves and making it into functional beverages through enzymatic fermentation process, produces formulated beverage that stimulates brain, nerve cells and also boosts the immune system.


Perspektif

Indonesia dikenal sangat kaya akan keragaman hayati. Menemukan jenis tanaman yang memberikan fungsi kesehatan, diolah dan diproses dengan teknologi yang tepat, bisa menjadi inovasi terobosan di bidang kesehatan.

Keunggulan Inovasi:

  • Meningkatkan nilai tambah dan citra tanaman tradisional sebagai sumber formulasi minuman fungsional.
  • Diversifikasi produk Antanan yang tidak hanya dijadikan sebagai jamu tetapi sebagai minuman fungsional siap saji.
  • Produk siap minum yang berkhasiat untuk menstimulasi sel saraf, memperlancar peredaran darah ke otak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan formulasi yang dapat diterima oleh masyarakat.


Potensi Aplikasi:

Inovasi ini dapat diaplikasikan pada industri makanan dan minuman.


Innovator:

Tim Inovasi

Ir. Elvira Syamsir, M.Si

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Gedung Rektorat IPB Lt. 5 Kampus IPB Darmaga Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi