• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Metal Mahal Olahan Lokal

Teknologi Pengolahan Biji Nikel menjadi Sponge Iron Content Nickel

Deskripsi Singkat


Cadangan biji nikel Indonesia mencapai lebih dari 1 milyar ton. Biji nikel tersebut saat ini sebagian besar dijual dalam bentuk raw material sebanyak lebih dari 6.5 juta ton/tahun dengan harga hanya +- 30 US$/ton. Padahal setelah menjadi nickel matt harganya lebih dari 24.000 US$/ton. Untuk bisa memproduksi nickel matt diperlukan investasi yang mencapai milyaran dolar dan didukung Power Plant dengan daya lebih dari 200 megawatt.

Karena itulah diperlukan inovasi pengolahan biji nikel menjadi sponge iron content nickel dengan peralatan yang dibuat di dalam negeri dan berbasis bahan bakar batubara. Biji nikel diolah dengan menggunakan tepung batubara untuk menjadi sponge iron lalu bisa diolah lagi menjadi nickle matt dengan kopula hot blast batubara.

Expensive Metal yet Locally Produced

 

Short Description


There are around 1 billion ton of nickel ore deposit in Indonesia. However, the nickel is exported as cheap raw material. To produce intermediate product from nickel ore that has big added value requires billion dollar investment. To cope with this problem we could instead produce the sponge iron content nickel using the methods that relies upon the usage of coals that is abundantly available in Indonesia.


Perspektif

Dengan pasokan persediaan biji nikel yang sangat besar di Indonesia maka industri pengolahan barang jadi dari nikel sangat potensial untuk digarap karena bisa mendatangkan added value sampai ribuan kali

Keunggulan Inovasi:

  • Teknologi kopula hot blast bisa dibuat di dalam negeri
  • Menggunakan batubara yang tersedia banyak di Indonesia
  • Hasil produk memiliki nilai tambah sangat tinggi

Potensi Aplikasi:

Inovasi metode pengolahan biji nikel alternatif ini dapat dikembangkan, untuk membangun kemampuan nasional dalam mengolah hasil-hasil tambang bernilai tinggi, tapi dengan investasi yang tidak terlalu besar.


Innovator:

Tim Inovasi

Arsam Sunaryanto

Institusi

CV. Asri Keramik Bandung

Alamat

Jl. Sari Indah V No. 29 Kiaracondong, Bandung 40291

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi