• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Merawat Sakit Hati

Medium kultur jaringan hati: harapan penderita gagal hati dan penyelamat hewan coba

Deskripsi Singkat


Inovasi ini adalah tentang pengembangan medium untuk mempertahankan jaringan hati manusia tetap berfungsi, dengan menggunakan faktor pertumbuhan yang diperoleh dari pemrosesan konsentrat trombosit golongan AB. Medium telah berhasil mempertahankan jaringan hati yang disimpan tetap hidup dan berfungsi, sehingga dapat memproses bilirubin serta menghasilkan fibrinogen, ditandai dengan warna medium yang berubah menjadi kuning kecoklatan, dan medium berubah dari cair menjadi memadat.

 

Safeguard Your Liver

 

Short Description


This innovation is about developing a medium to keep human liver tissue alive, using growth factors obtained from processing AB group platelets. The medium has also successfully maintained the stored liver tissue functioning, so that it can process bilirubin and produce fibrinogen, as marked with the color change of the medium into brownish yellow, and the liquid medium gradually solidifying. 


Perspektif

Inovasi ini memberikan harapan baru bagi banyak penderita gagal hati di Indonesia, yang saat ini hanya diberikan dua pilihan: bayar mahal atau fatal?


Keunggulan Inovasi:

  • Inovasi ini berpotensi menjadi inovasi terobosan, karena selain mempertahankan jaringan dan sel utama hati tetap hidup dan berfungsi, juga berpotensi diperbanyak.
  • Menggunakan bahan dari dalam negeri, sehingga biaya "produksi" dapat ditekan, dan dapat disediakan dekat pada pasien.  
  • Jaringan dan sel hati tidak harus dipindahkan dalam fasa beku, yang berisiko kerusakan atau keterlambatan seperti halnya pada "produk" yang diimpor dari luar negeri.

Potensi Aplikasi:

Inovasi medium hati bio-artifisial sangat menjanjikan untuk dimanfaatkan, mengingat angka kejadian sirosis hepatis yang berakhir dengan gagal hati di Indonesia masih sangat besar, dengan tingkat kematian akibat sirosis tidak tertangani sebesar 13,9 per 100.000 penduduk.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Jeanne Adiwinata Pawita, Radiana Dhewayani Antarianto, Evah Luviah, Wildan Mubarok, Christine Verawaty Sibuea

Institusi

Stem Cell and tissue Engineering research center, IMERI, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Alamat

Jl. Salemba 6, Jakarta Pusat 10430

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi