• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Merah, Besar, Pedas, Berkualitas

Varietas Cabai Besar Hibrida IPB CH-3, Berdaya Hasil Tinggi dan Pedas

Deskripsi Singkat


Selama bertahun-tahun kita hanya dihadapkan pada dua pilihan, yaitu cabai kecil yang pedas atau cabai besar tapi kurang pedas. Kini ada pilihan ketiga yang menggabungkan sifat-sifat unggul dari pilihan tersebut. Hadirnya cabai hibrida IPB CH-3, memberikan pilihan varian cabai besar dengan rasa yang pedas.

Produktivitas cabai IPB CH-3 tergolong tinggi, yaitu 1,11 kg per tanaman. Cabai yang mendapat predikat Kelas Mutu I menurut standar SNI ini juga memiliki umur panen yang lebih cepat dibandingkan cabai besar varietas lainya. Cabai ini sangat adaptif dengan lingkungan optimum dan cocok dibudidayakan di Indonesia, karena merupakan hasil persilangan dari genotipe lokal.

Red, Big, Spicy, Quality

 

Short Description


IPB CH3 hybrid chili is a new variety of chili. It combines the good traits of two chili varieties, making it big and hot. Not only that, the chili has high productivity, at 1.11 kg per plant.

IPB CH3, which is certified as Kelas Mutu I (First Class Quality) according to SNI standard, is adapted to local conditions and has shorter harvest time compared to other chili varieties.


Perspektif

Cabai merupakan salah satu komoditas yang sangat dicari masyarakat Indonesia dan ketersediannya sangat bergejolak. Sebuah varietas baru yang unggul dan diadaptasi dengan kondisi lokal Indonesia, akan membantu menstabilkan ketersediaan, juga harga.

Keunggulan Inovasi:

  • Memiliki tingkat kepedasan yang tinggi (kadar capsaicin377.66 ppm)
  • Memiliki bobot, panjang, dan diameter buah yang lebih baik dibanding dengan varietas pembanding Kelas Mutu I menurut standar SNI
  • Produktivitas tinggi, mencapai 1,11 kg per tanaman
  • Beradaptasi dangat baik terhadap lingkungan di Indonesia

Potensi Aplikasi:

Dapat digunakan oleh petani lokal, penyedia bibit unggul, dan perusahaan-perusahaan, khususnya yang bergerak di bidang makanan, yang menggunakan bahan baku cabai


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Muhamad Syukur, SP, Msi; Dr. Rahmi Yunianti, SP, Msi; Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Direktorat Riset & Kajian Strategis Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi