• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Mengontrol si Molekul Super

Metoda Kontrol Sulfonasi Molekuler pada Sulfonasi Heterogen Fasa Gas-Cair

Deskripsi Singkat


Sulfonasi merupakan teknik yang penting, karena nyaris semua bahan pembuatan fuel cell memerlukan sulfonasi untuk media penghantaran ion. Fuel cell adalah salah satu teknologi energi bersih andalan untuk masa depan.

Inovasi ini mengembangkan metoda pembuatan polystyrene tersulfonasi (sPS) dengan menggunakan metoda sulfonasi heterogen pada fasa gas-cair. Reaksinya dapat dikontrol pada skala molekular sehingga diperoleh spesifikasi penghantaran ion yang lebih baik, karena konsentrasi sulfonat yang lebih tinggi, dan sebaran gugus sulfonat dalam satu molekul sPS yang lebih merata.

Spesifikasi ini sangat vital untuk aplikasi konsep kimia supramolekuler.

Controlling the Super Molecules

 

Short Description


Sulfonation is an important technology to produce fuel cells, one of the leader in the development of clean energy sources.

This innovation addresses the need to improve the method of Sulfonation of Polystyrene (sPS). It control chemical reactions at molecular level to produce a higher density molecules and distributed more evenly, thus better ionic conductivity.

This is a vital requirement for the application of supramolecular chemistry.


Perspektif

Kemampuan melakukan inovasi pada komponen-komponen vital fuel cell, akan memenuhi target nasional dan memberikan peluang menempatkan Indonesia sebagai pemain penting dalam kompetisi global pengembangan teknologi energi bersih dan terbarukan yang prospeknya sangat cerah.

Keunggulan Inovasi:

  • Dapat mensubstitusi membran Polymer Electode Membrane Fuel Cell PEMFC yang umumnya tersedia di pasar
  • Bisa memanfaatkan limbah sampah polistirena (PS) yang banyak tersedia di dalam negeri
  • Membantu kemandirian Indonesia dalam pembuatan sulfonated polimer, sehingga bisa menekan biaya dalam pengembangan fuel cell
  • Hasilnya memenuhi spesifikasi untuk aplikasi konsep kimia supramolekuler

Potensi Aplikasi:

Mengatur derajat sulfonasi koagulan sPS pada water treatment, daur ulang sampah polistirena (PS), sebuah polimer alternatif untuk pengembangan fuel cell, dan sulfonasi terkontrol untuk polimer yang mengandung Benzene pada backbonenya, Poliimida, Polyetheretherketone (PEEK), dan Polysulfone.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Sunit Hendrana; Elsy Rahimi Chaldun, S.Si

Institusi

Pusat Inovasi - LIPI

Alamat

Gd. A Lt.3, Jl. Jend. Gatot Subroto No. 10 DKI Jakarta 12710 T/F: +6221 527 6023 / +6221 527 6024 http://inovasi.lipi.go.id; email: inovasi.lipi@yahoo.com

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi