• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Mengindustrikan Gula Semut Tradisional

Mesin Pengolah Gulasemut Berbasis Nira Kelapa

Deskripsi Singkat


Gula semut dari nira kelapa memiliki keunggulan yaitu berbentuk kristal dan kadar airnya yang rendah sehingga umur simpannya lebih lama, serta dapat berfungsi sebagai pengganti gula pasir. Tingginya permintaan produk gula semut sampai saat ini belum dapat dipenuhi akibat kendala produksi, yakni kuantitas dan kualitas produk yang tidak konsisten.

Hasil karya inovasi mesin pengolah gula semut untuk skala UMKM ini mampu mengatasi masalah tersebut, dimana kapasitas produksi yang dimiliki lebih besar dengan tenaga kerja yang lebih efisien dan kualitas gula semut yang dihasilkan memenuhi standar SNI (lebih higienis, memiliki warna yang seragam: coklat kekuningan dan beraroma khas gula semut tanpa kontaminasi bau sangit).

Industrializing Traditional Palm Sugar

 

Short Description


The Powder Brown-Sugar Processing Machine for SMEs is created to solve the production issue of the quantity and quality of products that are not consistent. The machine has greater production capacity with a more efficient workforce and the quality of the resulting products meets SNI standards (more hygienic, have uniform color and without odor contamination of rice pest).


Perspektif

Gula semut saat ini telah mendunia, padahal industri gula semut hampir seluruhnya merupakan industri rumah tangga dan UKM. Perlu inovasi dan otomasi agar pelaku industri gula semut bisa menjawab tantangan permintaan global, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Keunggulan Inovasi:

  • Kapasitas produksi lebih besar dan lebih efisien.
  • Hasil produksi lebih konsisten dengan kualitas yang memenuhi standar SNI.
  • Dapat diaplikasikan untuk produksi gula semut skala rumah tangga dan UMKM.


Potensi Aplikasi:

Inovasi yang diusulkan dapat menghasilkan produk gula semut yang potensial untuk ekspor dan memenuhi kebutuhan industri makanan dalam negeri.


Innovator:

Tim Inovasi

Sri Rahayoe, S.TP, M.P; Budi Rahardjo

Institusi

Universitas Gadjah Mada

Alamat

Jl. Flora No. 1 Bulaksumur, Sleman Yogyakarta 55281

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi