• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Menghitung Cahaya Mikroskopik

Rancang Bangun Penghitung Koloni Selektif Berdasarkan Pigmen Fluoresen pada Pseudomonas Aeruginosa

Deskripsi Singkat


P engetesan di laboratorium kesehatan banyak yang mengandalkan mata petugas laboratorium terlatih. Hasil pengetesan dapat berupa perubahan warna, bentuk, atau jumlah sel yang ukurannya mikroskopis. Penghitungan yang dilakukan oleh petugas rawan terhadap kesalahan, tidak standar dan butuh waktu sehingga lama bila jumlahnya banyak.

Air minum kemasan harus secara rutin dites, untuk mengetahui jumlah bakteri yang terkandung didalamnya, salah satunya P. aeruginosa, sesuai syarat SNI 2005. Sebuah sistem dengan piranti lunak untuk penghitungan secara cepat terstandardisasi pun dikembangkan untuk keperluan industri. Piranti lunak menggunakan metode plotting 24 bit menggunakan pointer dan metode kuantifikasi dengan pengenalan bentuk dan pengenalan warna.

Menghitung Cahaya Mikroskopik

 

Short Description


Counting cell colonies for contamination testing is usually done manually by trained operator, with a significant error factor.

A system and software is developed to satisfy the needs of water bottling industries for a quick, yet accurate cell counting. The software uses 24 bit plotting method with a pointer and is able to recognize the shape and also the color, developed using VB.


Perspektif

Membangun sebuah sistem penghitung, menggantikan mata manusia yang rentan terhadap kesalahan, walaupun belumlah sempurna, mampu membantu menjaga dan meningkatkan kualitas produk, terutama produk minuman.

Keunggulan Inovasi:

  • Tingkat kepercayaan P. aeruginosa 97% dan negatif nitrase
  • Absorbansi fluoresen 370 nm
  • Emisi fluoresens 508 nm, lampu UV 364-371 nm
  • Ketepatan tinggi dengan menggunakan metode sampling dan/atau tunjuk warna, yaitu 88.93%

Potensi Aplikasi:

Sebuah piranti lunak yang membantu petugas laboratorium kesehatan untuk melakukan penghitungan secara cepat dan efisien, dan menguntungkan bagi industri minuman kemasan. Sistem pengenalan dan penghitungan oleh komputer dapat dikembangkan lebih lanjut di Industri perangkat lunak (software).


Innovator:

Tim Inovasi

Ir. A.E. Zainal Hasan, Msi; Suyono, SSi; Dr. I Made Artika MAppSc; Ir. M. Rohaman, MAppSc

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kampus IPB Darmaga Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi