• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Mengecat dan Memeras Kacang

Alat Coating Tepung dan Peniris Minyak

Deskripsi Singkat


Banyak tantangan yang dihadapi oleh para UMKM makanan, di antaranya adalah melakukan proses produksi yang efisien dan higienis untuk menghasilkan produk yang baik. Contohnya, pengrajin Kacang Telur masih melakukan proses produksi tradisional secara tidak efisien. Umur porduk relatif singkat karena kandungan minyak yang terlalu banyak sehingga produk cepat tengik.

Menjawab permasalahan pengrajin di atas, dikembangkanlah Alat Coating dan Peniris semi-otomatis sederhana yang dimodifikasi dari mesin cuci bekas. Alat ini dapat membantu para pengrajin, karena harganya terjangkau dan secara efisien mengurangi waktu produksi dan jumlah tenaga kerjayang dibutuhkan. Selain itu, alat juga memberikan efek pematangan yang merata dan penirisan minyak yang lebih baik.

Painting dan Squeezing Nuts

 

Short Description


Developing an efficient and good production process is one of the challenges face by the foods producing home industries such as Coated Nuts (Kacang Telur)

A simple equipment from modified washing machine help the coating and seeping excess oil in nuts frying process. The innovation will help reduce the manpower and time needed, and also improve the product's quality and extend its shelf life.


Perspektif

Inovasi tidak selalu berarti menemukan sesuatu yang baru. Memodifikasi proses yang ada dan menggunakan peralatan yang tepat, bisa menjadi inovasi sederhana yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Keunggulan Inovasi:

  • Menghemat waktu coating kacang, sehingga mempersingkat waktu produksi
  • Harga peralatan yang murah dan terjangkau
  • Hasil penggorengan yang merata
  • Kandungan minyak pada kacang menjadi lebih sedikit, sehingga dapat menghemat pemakaian minyak dan memperpanjang umur produk

Potensi Aplikasi:

Alat ini sangat tepat untuk digunakan para pengusaha mikro, kecil, dan menengah yang bergerak pada industri pembuatan makanan ringan (Kacang Telur)


Innovator:

Tim Inovasi

Yustina Sukisworo

Institusi

Balitbang Provinsi Jateng

Alamat

Jl. Imam Bonjol 190, Semarang

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi