• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Membongsorkan Ikan

Fishgrow Stimulant (FGS) sebagai Produk Pemacu Tumbuh dan Produksi Budidaya Ikan

Deskripsi Singkat


Tingkat produksi budidaya ikan konsumsi ditentukan oleh laju pertumbuhan , dan tingkat kelangsungan hidup ikan. Laju pertumbuhan akan menentukan lama waktu pemeliharaan mencapai ukuran konsumsi atau dapat dijual. Metode untuk meningkatkan laju pertumbuhan yang ada saat ini masih belum mudah diaplikasn dan cepat oleh pembudidaya ikan.

Fishgrow Stimulant (FGS)atau hormon pertumbuhan ikan bisa meningkatkan laju pertumbuhan ikan hingga 2-3 kali lipat. Aplikasi pada benih ikan direndam dalam air dengan dosis 3-23 mg dan ditambahkan pada pakan dengan dosis 3-30 mg/kg. FGS akan meningkatkan efisiensi pakan hingga lima kali lipat dan menurunkan biaya produksi ikan.

Mosterizing Fish

 

Short Description


Fish farm productivity depends highly on the fish growth and survival rates, yet available methods is not practical to apply by farmers. Fishgrow Stimulant (FGS) helps accellerate growth by 2-3 times. FGS can be applied by dipping fry into a water + FGS solution and by adding it to the feed. FGS increase Feed Conversion Rate by 5 times and reduce.


Perspektif

Menanggulangi kematian memang harus dilakukan terlebih dahulu, tapi setelah itu kita harus pula meningkatkan pertumbuhan dan mutu kehidupan.

Keunggulan Inovasi:

  • Teknologi sederhana, mudah diadopsi baik pembudidaya skala kecil, menengah, maupun skala besar.
  • Meningkatkan produktivitas budidaya secara signifikan.
  • Dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pakan
  • Menurunkan biaya produksi

Potensi Aplikasi:

Inovasi ini berpotensi diterapkan pada berbagai spesies ikan budidaya, khususnya ikan yang bernilai jual tinggi namun pertumbuhannya lambat. Bisa pula diterapkan pada budidaya udang, dan kerang-kerangan.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Alimuddin, SPi., MSc.; Boyun Handoyo, Spi.; Dian Hardiantho, SPi, MSi.; Arief Eko Prasetiyo,SPi; Prof. Dr. Komar Sumantadinata; Dr. Ir. Nur Bambang PU, MSi,

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt.5 Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi