• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Melihat Lewat Gelombang

SONAR VISON - ALAT BANTU TUNA NETRA BERBASISKAN ULTRASONIC

Deskripsi Singkat


alat bantu bagi para penyandang tuna netra atau orang yang berpenglihatan lemah untuk menuntun mereka berjalan terutama di dalam ruangan. Alat bantu ini berupa seperangkat sensor ultrasonik yang dipasang pada pergelangan tangan dan ikat pinggang pengguna yang dapat memberikan getaran sesuai dengan jarak antara objek penghalang dengan pengguna.

Seeing through Waves

 

Short Description


alat bantu bagi para penyandang tuna netra atau orang yang berpenglihatan lemah untuk menuntun mereka berjalan terutama di dalam ruangan.

Alat bantu ini berupa seperangkat sensor ultrasonik yang dipasang pada pergelangan tangan dan ikat pinggang pengguna yang dapat memberikan getaran sesuai dengan jarak antara objek penghalang dengan pengguna.

Mudah mendeteksi halangan.

Akurasi yang tinggi


Perspektif

-


Keunggulan Inovasi:

Teknologi sonar vision merupakan teknologi pelengkap bagi penderita tuna netra untuk membantu bernavigasi khususnya di dalam ruangan.

Teknologi ini dibuat dalma dua versi yaitu versi yang dipasang di tangan menyerupai jam tangan, dan versi yang dipasang diikat pinggang. Alat ini dapat mendeteksi halangan pada bagian depan pengguna mulai dari jarak 3 meter hingga lebih kecil. Ada 3 moda getaran yang diberikan oleh sonar vision ketika pengguna menghadapi halangan 


Potensi Aplikasi:

Proses pembuatan sonar vision ini membutuhkan biaya.

menggunakan bahan berbasiskan plastik yang cukup handal untuk ketahanan terhadap air atau keringat dan tidak mudah rusak bilamana secara tidak sengaja terbentur


Innovator:

Tim Inovasi

Rinda Hedwig RADITYA EKO PRABOWO NICHOLAS JULIAN JOHANNES

Institusi

Universitas Bina Nusantara

Alamat

Jl. K.H. Syahdan No. 9 Jakarta

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi