• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Mekanisasi Pekerjaan Tangan

Cut-off Simple (COS) Berbasis Besi Bekas

Deskripsi Singkat


Mesin pemotong besi sederhana (Cut-off simple / CoS) ini terbuat dari besi-besi bekas yang mudah didapatkan di masyarakat. Pengoperasiannya dengan cara ditekan dan membutuhkan tenaga yang tidak terlalu besar, bahkan dengan tenaga satu jari telunjuk pun bisa bekerja dan secara otomatis kembali seperti semula karena adanya gaya pegas pada rancangannya. Di samping itu, pengoperasiannya mudah dan dapat dilakukan semua kalangan.

Kemampuan potongnya yang sangat tinggi dapat mencapai 14cm ketebalan besi, lebih tinggi dari kinerja alat potong besi standar tipe TS-700. Kemungkinan terjadi resiko kecelakaan pada saat dioperasikan kecil. Hadirnya alat ini menjawab semua kebutuhan masyarakat, sekaligus penyempurna semua jenis alat pemotong besi.

Mechanizing Craftwork

 

Short Description


This cut-off simple is an iron bar cutting tool which frames are all made from iron crap. The cutting power is more than advanced tool of the type TS-700 iron cutting.

This tool is equipped with an automatic return system when the metal is cut. It hasn't been patented, but it's admitted in Nusa Tenggara Barat province since it has won the appropriate technology competition.


Perspektif

Pengalaman kerja yang panjang dalam mengerjakan sesuatu dengan serius dan terus-menerus bisa menghasilkan unjuk kerja atau produktivitas yang terkadang mencenangkan

Keunggulan Inovasi:

  • Mudah diterima oleh masyarakat dengan harga bersaing dibanding alat potong sejenis
  • Mudah digunakan dan dioperasikan
  • Energi atau tenaga yang dibutuhkan sangat kecil bahkan dengan satu jari pun dapat memotong besi kerja

Potensi Aplikasi:

Alat pemotong besi ini dapat dikembangkan menjadi alat pemotong keramik, batu, kaca, kayu, dan berbagai benda pejal lainnya dengan mengganti mata gerinda dengan mata yang sesuai dengan kebutuhan


Innovator:

Tim Inovasi

Mulyadi

Institusi

Universitas Mataram

Alamat

Jl. Labuhan Lombok, Kecamatan Wanasaba, Nusa Tenggara Barat

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi