• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Mata Ajaib

OptIPB Sensor, Sensor Optik Berbasis Kristal Fotonik untuk Kendali Mutu Larutan Secara Waktu Nyata dan Kontiny

Deskripsi Singkat


Kendali mutu larutan merupakan komponen penting dalam industri minuman atau industri lain yang memanfaatkan cairan dalam tahap produksinya. Sistem kendali mutu yang kini digunakan umumnya memakai cara kimia sehingga butuh waktu pengujian relatif lama. OptIPB Sensor dengan platform kristal fotonik, adalah sensor optik yang bersifat waktu-nyata dan kontinu, serta memiliki sensitivitas tinggi dan non-kimiawi, sehingga dalam operasionalnya tidak memerlukan zat perantara lain.

Hasil pengukuran dapat dilihat langsung maupun ditransfer ke dalam basis data untuk keperluan misalnya Statistical Process Control (SPC). OptIPB Sensormengukur indeksi bias larutan dan mengacu pada larutan referensi (kalibrator) mampu menunjukkan perubahan tingkat kekeruhan, warna, kesadahan, salinitas, dan lain-lain.

Magic Eye

 

Short Description


OptIPB sensor with photonic crystal platform is a non-chemical continuous optical sensor for solution with high sensitivity accurate measurement and need no reagent.

OptIPB sensor provides real-time result that can be seen immediately on display and/or recorded in a database system which is necessary for monitoring purposes (SPC). This is the right instrument necessary for quality control in industries working with liquid.


Perspektif

Sistem pengukuran akurat secara waktu-nyata, dengan hasil yang dapat dilihat secara langsung, terintegrasi dengan sistem pencatatan digital untuk pemantauan kualitas proses produksi menjadi inovasi yang sangat dibutuhkan oleh industri.

Keunggulan Inovasi:

  • Akurasi tinggi, praktis, dan mudah digunakan
  • Kompatibel untuk diintegrasikan dengan perangkat komputer
  • Dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pemakai dan tujuan tertentu
  • Ramah lingkungan karena tidak membutuhkan reagen atau zat kimia perantara lainnya
  • Diproduksi di dalam negeri sehingga memudahkan layanan purna jual

Potensi Aplikasi:

Mengukur perubahan fisik larutan (warna, kekeruhan, kesadahan, salinitas, dan lain-lain) akibat eprubahan konsentrasi zat terlarut, dibandingkan dengan larutan referensi (kalibrator) dan diaplikasikan di industri minuman atau industri lain yang memanfaatkan cairan di tahapan produksinya.


Innovator:

Tim Inovasi

Husin Alatas; Mamat Rahmat; Hasan Mayditia; Fabian Rinaldi

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Jl. Meranti, Kampus IPB Darmaga, Bogor

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi