• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Makmur Tani di Era Internet

Sistem Diseminasi Inovasi Pertanian Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keberdayaan Petani Sayuran

Deskripsi Singkat


Untuk memperkuat pertanian hortikultura, dibutuhkan penyebar-luasan informasi dan inovasi pertanian. Diseminasi informasi pertanian berbasis internet dapat menunjang para petani hortikultura untuk menanggulangi masalah sehari-hari, mengambil keputusan yang tepat dalam menanam, memanen dan memasarkan hasil mereka.


Informasi yang disiarkan bisa diperoleh melalui analisis data sekunder, desk study, wawancara mendalam, dokumentasi, dan artikel inovasi di bidang pertanian. Diskusi secara online di internet pun bisa dilakukan dalam forum. Penyuluh pertanian akan lebih diberdayakan dan lebih berperan sebagai sumber informasi aktual; dalam tugas mereka menjadi fasilitator dan pendamping kelembagaan lokal dan petani.

Farmer Prosperity in Internet Era

 

Short Description


Information dissemination and sharing in horticultural agriculture is essential for farmers to solve their daily issues in farming. Farmers are empowered with up to date information before making decisions such as when selecting crops, harvesting and marketing their produce.

Discussions in online forum can answer and solve many questions or problems. Agricultural counselors will be highly empowered if they are always equipped with up-to-date information when they give advice to farmers.


Perspektif

Petani dirugikan bukan hanya karena gagal panen, atau masalah teknis pertanian lainnya. Seringkali masalah mereka adalah kesalahan dalam memilih tanaman, menentukan waktu panen, atau mendapat harga jual terlalu rendah; kesemuanya seringkali karena kelangkaan atau keterlambatan informasi.

Keunggulan Inovasi:

  • Mempercepat dan memperluas sebaran informasi pertanian ke pengguna, pengembang jaringan, dan stakeholder lainnya
  • Mendukung petani mengambil keputusan jenis tanaman yang tepat
  • Revitalisasi dan pemberdayaan penyuluh pertanian.


Potensi Aplikasi:

Model sistem diseminasi inovasi berbasis teknologi informasi ini dapat diaplikasikan ke semua sektor pertanian, semua pemangku kepentingan pertanian, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Hal ini akan mendorong kemajuan dunia pertanian, dan keadilan dalam usaha pertanian.


Innovator:

Tim Inovasi

Sumardjo; Retno S H Mulyandari; Darojat; Leo Darmawan

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi