• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Lompatan Simultan Si Tandan Jadi Energi

Enkapsulisasi Rhyzopus oryzae dalam Kalsium-Alginat untuk Produksi Bioetanol dari Tandan Kosong Kelapa Sawit dengan Sakarifikasi dan Fermentasi

Deskripsi Singkat


Semakin menipisnya cadangan bahan bakar yang tidak terbarukan mendorong pencarian akan alternatif bahan bakar terbarukan. Salah satu contohnya adalah pengembangan bahan bakar bioetanol yangterbuat dari tandan kosong kelapa sawit. Metode pembuatan bioetanol dari bahan tersebut umumnya melalui dua tahapan proses konversi yaitu sakarifikasi selulosa dan fermentasi gula sederhana.

Inovasi ini mempersingkat kedua tahapan tersebut menjadi satu tahap yaitu dengan metode sakarifikasi dan fermentasi serentak (SSF). Metodeini memiliki keunggulan: peningkatan rendemen produk, waktu proses lebih pendek, dan kebutuhan reaktor yang lebih sedikit. Sebelum masuk ke dalam tahapan SSF, dilakukan enkapsulasi menggunakan Rhyzopus oryzae untuk menyamakan suhu optimum, sehingga produksi bioetanol meningkat

The Palm Bunches Double Leap to Energy

 

Short Description


The innovation offers a shorter method to produce bioethanol from palmbunches. The method called SSF (simultaneous saccharification andfermentation) that combine the two processes that normally are conductedseparately. Encapsulation using Rhyzopus oryzae is conducted in order toequalize the different optimum temperatures of the two processes.


Perspektif

Rekayasa proses secara paralel dari semula serial, akan mempercepat waktu proses. Pada inovasi ini ternyata bisa sekaligus meningkatkan produktivitas hasilnya.

Keunggulan Inovasi:

Memperpendek waktu proses produksi bioetanol
Meningkatkan produksi 5-20%
Memanfaatkan limbah tandan kosong sawit yang tersedia melimpah


Potensi Aplikasi:

-


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Ing. Ir. Misri Gozan, M. Tech Prof. Eng. Muhamad Sahlan, S.Si, M.Eng Muryanto, S.T, M.T

Institusi

Universitas Indonesia

Alamat

Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis UI Gedung Science Park Lt. 1 Kampus UI Depok, Jawa Barat 16424

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi