• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Limbah Penjinak Limbah

Semen Geopolimer dari Abu Sekam Padi yang Tahan Panas (±1.200°C) dan Mengikat Logam Berat

Deskripsi Singkat


Abu sekam padi yang melimpah biasanya hanya menjadi sampah pertanian dan kurang memiliki nilai ekonomis. Di sisi yang berbeda, limbah industri yang belum ditangani dengan baik mengandung logam berat yang berbahaya bagi lingkungan dan kelangsungan hidup manusia.
Abu sekam padi memiliki kemampuan untuk mengikat logam berat tersebut. Kemudian, dengan ditambahkan pada lempung dan larutan alkali, campuran tersebut akan membentuk material geopolimer. Semen dan bata yang terbuat dari bahan geopolimer memiliki keunggulan di antaranya proses sintesa yang mudah, tahan pada temperatur tinggi, dan kekuatan tekan yang lebih besar dibanding semen portland dan bata biasa. Masalah limbah teratasi, produk geopolimer meningkat!

Waste Trapping Waste

 

Short Description


The ash from rice husk can trap heavy metals from industrial waste which are dangerous for living beings and environment. The ash is added to clay and activated with alkali solution to form geopolymer materials. It is excellent in synthesis process, able to stand high temperature and fire, with high compressive strength (force pressure), higher compared to portland cement and common bricks.


Perspektif

Memanfaatkan kemampuan abu sekam padi mengikat logam berat limbah industri bahkan bisa menghasilkan produk unggul geopolimer. Dua hal negatif jika dikalikan dengan bantuan teknologi menghasilkan hal positif.

Keunggulan Inovasi:

  • Bahan dasar geopolimer sangat murah dan tersedia dalam jumlah yang melimpah,
  • Material geopolimer memiliki kekuatan mekanik yang tinggi, tahan terhadap suhu tinggi, air laut dan serangan zat asam dan zat kimia berbahaya lainnya
  • Ramah lingkungan dan tidak mengemisikan gas CO 2ke udara seperti sintesis semen portland
  • Sistesis geopolimer menjadi berbagai produk siap pakai berlangsung pada suhu rendah (di bawah 70 °C) dan dalam waktu singkat.

Potensi Aplikasi:

Produk struktural sebagai bahan penguat untuk manufaktur mold ( mould), bata geopolimer, subsitusi semen portland(beton geopolimer), batu tahan api dan panas, keramik porselin, komposit serat alamiah.


Innovator:

Tim Inovasi

Drs. Subaer, M.Phil, Ph.D ; Drs. Abdul Haris, M.Si ; Hamzah Fansuri, S.Si,M.Si, Ph.D

Institusi

Jurusan Fisika Universitas Negeri Makasar

Alamat

Jl. Daeng Tata Raya, Gd. FMIPA Lt. 1 Kampus UNM Parangtambung, Makasar 90223

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi