• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Limbah BBM Sumber BBM

Pemanfaatan Gliserol Hasil Samping Industri Biodiesel Sebagai Aditif Pada Water Based Mud Dan Oil Based Mud

Deskripsi Singkat


Water Based Mud (WBM) dan Oil Based Mud (OBM) dengan bahan aditif gliserol dan gliserol ester, yang selain merupakan drilling fluids ramah lingkungan dan biodegradable, juga merupakan stabilitor yang potensial dalam proses pemboran. Gliserol yang digunakan untuk formulasi  WBM dan OBM adalah produk sampingan / limbah industri biodiesel yang diproses dengan pemurnian bertingkat sampai ke tingkat kemurnian 80% - 99%.

 

 

Fuel Waste to Fuel Source

 

Short Description


Water Based Mud (WBM) and Oil Based Mud (OBM) with glycerol and glycerol esters as additives, is environmentally friendly and biodegradable drilling fluids, and also a potential stabilizer in the petroleum drilling process. Glycerol used for WBM and OBM formulations is byproduct / waste of biodiesel processing, which is further processed through a multilevel purification to a purity level of 80% - 99%.


Perspektif

Langkah konkrit pengembangan energi terbarukan untuk menggantikan energi minyak bumi yang tak terbarukan. Bahkan produk sampingan dari pengolahan energi terbarukan yang ramah lingkungan, dapat menggantikan bahan tak ramah lingkungan untuk mencari sumber energi tak terbarukan.  


Keunggulan Inovasi:

  • Aplikasi gliserol dalam formulasi WBM dan gliserol ester untuk OBM menciptakan nilai tambah bagi pemanfaatan produk samping / limbah proses pembuatan biodiesel.
  • Gliserol maupun Gliserol Ester memiliki nilai pour point rendah  dan flash point tinggi, sehingga tahan dipakai pada sumur dengan suhu reservoir yang tinggi, selain juga tahan dipakai pada pemboran sumur di laut dalam dengan suhu rendah, karena tidak mudah membeku.
  • WBM dan OBM yang dihasilkan bersifat ramah lingkungan biodegradable, dan  bersumber dari bahan terbarukan. 

Potensi Aplikasi:

Gliserol murni dan gliserol ester yang dihasilkan membuka peluang baru yaitu perluasan aplikasi gliserol minyak sawit bagi industri perminyakan, khususnya sebagai aditif pada drilling fluids untuk pemboran sumur minyak pengembangan maupun workover  sumur-sumur tua. Potensi ekonomi pemanfaatan gliserol dan gliserol ester sebagai bahan formulasi WBM dan OBM cukup potensial, mengingat komponen biaya WBM dan OBM berkisar 40-60% dari keseluruhan biaya pemboran.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Erliza Hambali, Dr. Dwi Setyaningsih, S.TP, M.Si,

Institusi

Surfactant and Bioenergy Research Center (SBRC)

Alamat

Kampus IPB Baranangsiang, Jl. Raya Pajajaran No. 1, Bogor

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi