• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Lima Produk untuk Tantangan Kompetisi

Teknologi Produksi Gelatin dengan Lima Bentuk Produk

Deskripsi Singkat


Gelatin adalah bahan yang umum digunakan sebagai penstabil, pengemulsi, maupun perekat di industri. Kebutuhan gelatin Indonesia saat ini dipenuhi produk impor yang tidak terjamin kehalalannya. Padahal di Indonesia, potensi bahan baku halal cukup besar, berupa kulit sisa dari industri penyamakan, indutri filletikan, atau dari tulang.

Agar lebih bersaing dengan produk impor, gelatin lokal dipasarkan dalam lima alternatif sediaan. Kelimanya adalah bentuk jel (curah dan terkemas) yang hemat biaya produksi, bentuk lembaran yang tinggi nilai tambahnya, bentuk tepung, dan butiran. Selain terjamin kehalalannya, kelima produk bisa diproduksi sekaligus untuk menurunkan biaya investasi dari rekayasa alat dan mesin produksi.

Five Products for Competition Challenges

 

Short Description


Imported gelatin dominates the market and is commonly used as stabilizer, emulifiers, and adhesive in industry. Besides being expensive, the halal status is questionable.

This innovation integrates the gelatin production technology, from machinaries to the marketing strategies, and offers several alternative forms which are granule, powder, gel, and sheets. It enhances the competitiveness of locally produced gelatin.


Perspektif

Meningkatkan daya saing produk gelatin lokal dengan strategi pemasaran yang didukung teknologi produksi terintegrasi, menghasilkan produk dalam bentuk siap pakai oleh industri, dari bahan yang terjamin kehalalannya juga ekonomis.

Keunggulan Inovasi:

  • Teknologi lokal membuat biaya investasi lebih rendah
  • Produk gelatin terjamin halal karena bahan aku halal-lokal
  • Pada beberapa jenis produk gelatin seperti gelatin curah dan gelatin jel terkemas, harga jual dapat lebih kompetitif sebab proses produksi tidak memerlukan proses pengeringan
  • Penggunaan gelatin jel atau curah lebih praktis, sebab tidak memerlukan air sebagai pelarut ketika digunakan

Potensi Aplikasi:

Sebagai bahan baku industri pangan, farmasi, kosmetika, fotografi, dan industri lainnya; berfungsi sebagai penstabil, pembentuk gel, pengikat, pengental, pengelmusi, dan perekat.


Innovator:

Tim Inovasi

Harianto; Maya Soraya; M. Jusuf Djafar

Institusi

Pusat Teknologi Agroindustri, Deputi Bidang TAB, BPPT

Alamat

Gd. II BPPT lt. 17 Jl. MH Thamrin No. 8 Jakarta

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi