• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Lacak Darah Selamatkan Jiwa

I-Blood Bank: Mengurangi Resiko Kekurangan Persediaan Darah di Seluruh Cabang PMI Menggunakan Sistem Informasi Persediaan Darah

Deskripsi Singkat


Kurang terintegrasinya informasi dan sulitnya untuk menginformasikan kekurangan stok darah yang menyebabkan proses pasok silang lambat dilaksanakan dan hal ini mengancam jiwa pasien yang membutuhkan darah. Indonesian Blood Bank (I-Blood Bank) adalah sistem informasi stok darah berbasis web pertama, yang membantu Palang Merah Indonesia (PMI) mengintegrasikan informasi stok darah di semua cabang PMI secara real-time, sehingga memudahkan komunikasi kekurangan atau kelebihan stok darah di setiap cabang.

I-Blood Bank membantu penyedia layanan kesehatan, menghemat biaya dan upaya keluarga pasien, juga memastikan darah digunakan secara efektif. Sistem ini dilengkapi mekanisme media sosial, menghubungkan pemohon dengan pendonor.

Track Blood Save Life

 

Short Description


The Indonesian Blood Bank (I-Blood Bank) is an information system that provides blood inventories in each Indonesian Red Cross (IRC/ PMI) centers, and provides the real-time information through web technologies.

The system makes it easy to communicate the supply and demand of bloods, making sure that the right blood supply can be located when it is needed.


Perspektif

Informasi dan komunikasi atas ketersediaan dan lokasi stok darah bisa menjadi penentu hidup matinya seseorang. Menjadikannya tersedia, selalu terbaharukan dan bisa diakses kapanpun juga bisa menyelamatkan banyak jiwa.

Keunggulan Inovasi:

  • Sistem informasi persediaan darah berbasis web pertama di Indonesia
  • I-Blood Bank juga dikembangkan dalam versi mobile untuk mengakomodasi kebutuhan user yang menggunakan smartphone, tablet, dan sebagainya
  • Efektif dan efisien dalam mencari persediaan darah untuk calon resipien
  • Memfasilitasi penyebarluasan informasi permintaan saat tidak adanya darah dan dibutuhkan donor pengganti.


Potensi Aplikasi:

Sistem informasi ini telah direncanakan akan diimplementasikan secara nasional oleh Unit Donor Darah Pusat (UDDP) PMI. Sistem ini didesain untuk bank darah, namun konsepnya bisa diterapkan untuk produk maupun sistem informasi publik lainnya.


Innovator:

Tim Inovasi

Novaldo Caesar; Viani Rahmawati; Fiqrotul Ulya, Fahri Amirullah; Sony Hartono Wijaya, S.Kom M.Kom;

Institusi

Departemen Ilmu Komputer, Fakultas MIPA Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi