• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Kotak Hitam "On-Line"

Real-Time 3D Animasi Pesawat

Deskripsi Singkat


Keselamatan penerbangan menjadi isu yang krusial bagi bangsa lndonesia. Sistem Animasi Penerbangan Tiga Dimensi real-time dapat menjadi peralatan tambahan dari sistem peralatan penerbangan yang telah tersedia untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

Sistem menampilkan posisi dan gerak pesawat secarareal-timedalam format animasi 3 dimensi di ruang kendali (cockpit) sehingga pilot bisa melihat secara utuh gerak pesawat secara keseluruhan disertai parameter-parameter lainnya.

Data dikirimkan juga ke pusat kendali di darat sehingga perjalanan pesawat bisa dipantau secarareal-time. Sistem ini dapat menjadi alternatifblack boxdan dapat diimplementasikan pada kendaraan darat atau laut lainnya.

Real-time Black Box

 

Short Description


Showing an aircraft's position and orientationreal-timein 3-Dimension, second person view will help pilots in deciding what action to take in emergency situations.

The 3D Real-Time Animation System also sends the data back to the ground crew and helps monitor the situation of the plane. This can be an alternative to theblack boxsystem, should accidents happen

The implementation is not limited to aircraft and can be used for ground transports or sea vessels.


Perspektif

Di saat genting, melihat sebuah permasalahan dari kacamata yang berbeda dapat membantu seseorang mengambil keputusan terbaik yang bisa menyelamatkan banyak orang.

Keunggulan Inovasi:

  • Mempermudah kendali pilot karena semua data ditampilkan lebih jelas dalam bentuk 3D
  • Perjalanan setiap pesawat bisa dipantau secara real-time dalam bentuk 3D oleh maskapai dan pemangku kepentingan lainnya
  • Dapat digunakan sebagai alternatifblack box

Potensi Aplikasi:

Dapat diaplikasikan pada pesawat sipil dan militer, serta peralatan transportasi lainnya, seperti kereta api, mobil. Selain itu model serupa dapat dikembangkan untuk kebutuhan industri seperti perminyakan dan pertambangan.


Innovator:

Tim Inovasi

Asro Nasiri; Tohir Ismail

Institusi

STMIK AMIKOM, Yogyakarta

Alamat

Ring Road Condong Catur Sleman, Yogyakarta

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi