• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Komposit Plastik Ujung Safety Shoes

Komposit Plastik PC/ABS untuk Toe Cap Sepatu Pengaman

Deskripsi Singkat


Toe cap merupakan bagian sepatu pengaman berfungsi untuk untuk melindungi pemakainya dari bahaya ditempat kerja. Menurut SNI sepatu pengaman, toe cap merupakan bagian pengeras yang dipasang pada bagian depan sepatu yang berfungsi untuk memperkuat bagian depan dan melindungi jari kaki. Toe capberfungsi sebagai pelindung jari kaki atau ujung telapak kaki dari himpitan atau hantaman benda keras yang mengenai kaki, sebagian besar dibuat dari baja namun ada juga yang dibuat dari plastik. Toe cap dari baja sudah dapat diproduksi di Indonesia, namun  banyak yang tidak memenuhi persyaratan sehingga industri sepatu juga banyak menggunakan produk import. Toe capdari plastik masih juga merupakan produk import karena itu dilakukan penelitian untuk membuat toe cap dari plastik ataupun komposit.

Menurut SNI sepatu pengaman (SNI 111:2017: Sepatu pengaman  dengan Sol Karet Cetak Vulkanisasi, SNI 7037: 2017: Sepatu pengaman  dari kulit sistem jahit, SNI 7079: 2017: Sepatu pengaman  dengan sol polimer maupun ISO 20345: 2011, Personal Protective Equipment-Safety Footwear syarat mutu toe cap non logam adalah tahan terhadap impak dengan energi 200 J dan tahan terhadap tekanan dengan beban 15 kN. Persyaratannya adalah jarak ruang di bawah toe cap setelah diuji minimal 14 mm. Plastik yang mempunyai ketahanan impak tertinggi adalah polikarbonat (PC) diikuti akrilonitril butadiena stiren (ABS).

Komposit plastik untuk toe cap hasil inovasi yang dikomposisi dari plastik polikarbonat (PC), akrilonitril butadiena stirena (ABS) dan beberapa aditif seperti bahan pengisi, compatibilizer, antioksidan dan pelumas dibuat didalam twin screw extruder yang dirangkai dengan unit pelletizing pada suhu 230oC-260oC dan telah dikarakterisasi sifatnya meliputi densitas, melt flow index (MFI), ketahanan impak izod dan kuat tarik.

Komposit plastik hasil inovasi ini telah dicoba dicetak menjadi toe cap untuk sepatu pengaman menggunakan mesin cetak injeksi (injection molding) di PT. Yogya Presisi Teknikatama Industri (YPTI), Yogyakarta pada suhu 225-240oC. Toe cap yang diperoleh telah diuji sifat fisis sesuai SNI sepatu pengaman maupun ISO 20345:2011 meliputi ketahanan pukul dengan energi 200J dan ketahanan terhadap tekanan dengan beban 15 KN. Hasil uji toe cap berbahan komposit plastik PC/ABS hasil inovasi yang ada didalam sepatu uji coba telah memenuhi persyaratan SNI wajib sepatu pengaman maupun ISO 20345:2011 yaitu jarak ruang di bawah toe cap untuk ketahanan pukul dengan energi 200 J = 23,46 – 26,59 mm dan untuk ketahanan terhadap tekanan dengan beban 15 KN = 18,56 - 30,46 mm.

Toe cap hasil penelitian telah diuji coba pada pembuatan sepatu pengaman di 3 perusahaan sepatu yaitu di Mitra Batant Bandung, PT. Jaly Indonesia Utama Bogor dan di PT. Sumber Rejeki Agung Surabaya.

Plastic Composites for Toe Caps

 

Short Description


-


Perspektif

-


Keunggulan Inovasi:

a.   Bagi industri plastik: Teknologi pembuatan komposit plastik maupun pencetakan toe cap menggunakan teknologi yang sudah dikuasai oleh industri plastik Indonesia sehingga layak untuk dikomersialisasi.

b.     Bagi konsumen: Toe cap dari komposit plastik hasil inovasi lebih ringan dari toe cap baja. Toe cap komposit hasil inovasi beratnya setengah dari toe cap baja.

  1. Bagi industri sepatu pengaman: Toe cap sepatu pengaman dari komposit plastik hasil inovasi yang memenuhi persyaratan SNI maupun ISO mudah didapat di Indonesia tidak tergantung import, harga lebih murah, dan tidak mencemari lingkungan karena dapat didaur ulang.

Potensi Aplikasi:

Komposit plastik hasil inovasi dapat digunakan di industri sepatu pengaman dimana perusahaan pembuat sepatu pengaman di Indonesia lebih dari 13 perusahaan, dengan kebutuhan toe cap316.000 pasang/bulan. Selanjutnya dengan invensi komposisi komposit plastik PC/ABS untuk toe cap untuk sepatu pengaman ini dapat mengatasi permasalahan penyediaan toe cap pada industri sepatu pengaman di Indonesia.

Dari segi ekonomi pembuatan komposit plastik untuk toe capsepatu pengaman yang dilanjutkan dengan pencetakan toe caplayak untuk dikomersialisasi. Dari aspek bahan baku pengadaan bahan baku PC, ABS dan bahan aditif lainnya secara komersial tidak sulit. Harga toe cap sepatu pengaman dari komposit plastik  hasil inovasi lebih murah dibanding produk impor.


Innovator:

Tim Inovasi

Dwi Wahini Nurhajati

Institusi

Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik

Alamat

Jl. Sokonandi 9 Yogyakarta, DI Yogyakarta

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi