• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Kitosan Sahabat Obat

Gel Kitosan sebagai Membran Pelindung, Penyalut dan Agen Pengantaran Obat

Deskripsi Singkat


Kitosan dan limbah kulit udang telah dimanfaatkan untuk pembuatan mikrokapsul pada obat-obatan, namun gel kitosan bersifat rapuh, sehingga perlu dilakukan modifikasi untuk menutupi kelemahan tersebut. Gel kitosan-alginat dengan penaut-silang glutaraldehida teruji dapat mengatasi kelemahan tersebut dan menjadikannya sebagal penyalut obat dengan berbagai fungsi dan manfaat sekaligus.

Pada pengujian mikrokapsul ketoprofen (obat rematik) dengan bahan pembawa kitosan termodifikasi glutaraldehida-alginat, formula gel ini terbukti berfungsi sebagai lapisan pelindung obat terhadap panas, cahaya dan kelembaban; sebagal penyalut obat untuk mencegah iritasi lambung dan usus; dan efektif sebagai agen pengatur laju pelepasan obat.

Chitosan The Drugs Companion

 

Short Description


Chitosan from shrimp waste has been used for making drugs microcapsules, but chitosan gel alone is a fragile material and needs to be modified.

Chitosan gel-alginate with glutaraldehyde as cross-link agent functions effectively as drug coating materials. It works as a protective membrane for heat, light and moisture sensitive drugs; helps to prevent gastrointestinal irritation; and act as sustained release agent for drug delivety.


Perspektif

Kitosan dikenal sebagai pokok inovasi yang hebat karena aplikasinya dan manfaatnya yang luas di berbagai sektor kehidupan. Kehebatan ini terbukti masih berpotensi dikembangkan melalui modifikasi, kombinasi, maupun penemuan turunan-turunannya, yang tidak kalah hebat dan induknya.

Keunggulan Inovasi:

  • Mempunyai berbagai manfaat dan fungsi yang diperlukan dalam dunia obat-obatan: sebagai membran pelindung obat, penyalut pencegah iritasi dan pengendali pelepasan obat dalam tubuh.
  • Dibuat dan bahan limbah kulit udang, sehingga relatif aman dan ramah lingkungan.


Potensi Aplikasi:

Untuk menyalut obat yang rentan panas, cahaya dan kelembaban; untuk obat anti peradangan non-steroid dengan daya analgesik dan antipiretik yang pada dosis tinggi berpotensi mengiritasi lambung dan usus; juga sebagai agen pengantaran obat untuk mengendalikan laju pelepasannya.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Dra. Purwantiningsih Sugita, MS; Drs. Ahmad Sjachriza; Budi Arifin, SSi

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Gd. A.H. Nasoetion Lt. 5, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi