• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Kemasan Makanan Aman Dimakan

Aplikasi Edible Film Berbasis Pati dari Buah Lindur (Burguiera gymnorrhiza) untuk Mmepertahankan Kualitas Warna dan Daya Awet Daging Sapi

Deskripsi Singkat


Pengemasan daging sapi menggunakan plastik wrapping dan styrofoam sangatlah tidak baik bagi kesehatan dan lingkungan. Oleh karena itu, dilakukan inovasi dengan menggunakan edible filmsebagai pengemas daging sapi yang mampu mempertahankan kualitas warna dan daya awet daging sapi. Edible film adalah suatu lapisan tipis dan kontinu, terbuat dari bahan-bahan yang dapat dimakan untuk melindungi produk yang dikemas.

Edible film dalam inovasi ini berasal dari tepung pati Buah Lindur ( Burguiera gymnorrhiza ). Edible film ini mampu mempertahankan kualitas warna daging sapi yang terlihat dari hasil pengujian warna, pH, dan Total Plate Count (TPC) selama penyimpanan 2 hari pada suhu ruang.

Safe and Edible Food Wrap

 

Short Description


An edible film wrapper for raw meet is developed to substitute dangerous plastic wrapper or styrofoam. It comes from starch flour of Lindur Fruit (Burguiera gymnorrhiza).

The edible film is able to mantain the color quality, pH, and Total Plate Count (TPC) of beef for 2 days in room temperature. It is a safe and eco-friendly wrapping made out of nature.


Perspektif

Kemasan bagi daging tidak hanya harus mempertahankan kondisi daging, namun juga aman bagi kesehatan dan tidak merusak lingkungan. Bila kemasan serupa film plastik untuk daging bisa terbuat dari bahan makanan, tentu akan lebih baik.

Keunggulan Inovasi:

  • Ramah lingkungan karena berbasis pati dari Buah Lindur dan dapat diperbaharui
  • Tidak berbahaya bagi produk yang dikemas maupun bagi kesehatan
  • Produk ini berpeluang tinggi untuk menghasilkan industri dan bisnis baru
  • Produk ini akan mampu bersaing dengan produk lainnya karena produknya yang khas dan relatif baru

Potensi Aplikasi:

Inovasi ini dapat diaplikasikan pada industri pangan di Indonesia untuk mengemas produk pangan lainnya dengan lebih sehat dan ramah lingkungan.


Innovator:

Tim Inovasi

Roni Nugraha, S.Si, M.Sc; Riyan Adi Priyanto; Mawaddah Renhoran; Tubagus Mohamad Gia Ginanjar ; Annisa Shylina; Siluh Putu Sri Dia Utari

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga €“ Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi