• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Kelapa Punya Lemak, Cokelat Punya Nama

Teknik Pembuatan Trigliserida Rantai Menengah secara Fraksinasi dan Teknologi Pencampurannya dengan Stearin Minyak Sawit untuk Memproduksi Cocoa Butter Substitutes

Deskripsi Singkat


Lemak cokelat adalah lemak yang dihasilkan dari kakao dan memiliki harga yang tinggi karena tingginya permintaan sebagai bahan baku untuk makanan dan kosmetik yang bermutu tinggi.

CBS (Cocoa Butter Subtitutes) adalah pengganti lemak cokelat dari minyak nabati yang diolah menggunakan metode kimia khusus. Melalui inovasi ini, minyak kelapa atau minyak sawit dapat diolah menjadi CBS dengan kualitas setara dengan lemak cokelat, sehingga dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi dari minyak kelapa atau minyak sawit.

Coconut Got Fat, Cocoa Got Fame

 

Short Description


Cocoa Butter Subtitutes (CBS) can be made from vegetable oils through special chemical processes.

With this innovation, coconut or palm oil can be converted into CBS, at comparable quality to genuine cocoa butter, thus command better price than coconut / palm oil.


Perspektif

Pada awalnya, harga ditentukan oleh sumber daya alam dan kebutuhan; kemudian ditentukan oleh teknologi pengolah sumber alam. Sumber alam yang nilainya terlau rendah, kini dibantu oleh teknologi menjadi lebih bernilai, bisa menggantikan sumber lainnya yang harganya sudah terlalu tinggi.

Keunggulan Inovasi:

  • Menggantikan cocoa butter dengan biaya lebih murah
  • Mengembangkan produk turunan kelapa/kelapa sawit bernilai tinggi, dan membantu mengurangi ketergantungan industri, pada ketidak pastian harga komoditas minyak kelapa dan minyak sawit.


Potensi Aplikasi:

Inovasi ini berpotensi ditawarkan sebagai Cocoa Butter Substitutes (CBS) yang lebih murah, maupun pengembangan produk-produk makanan dan kosmetik yang semula terlalu mahal jika harus menggunakan lemak coklat.


Innovator:

Tim Inovasi

Mursalin, STP., M.Si

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi