• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Kehangatan bagi si Patin

Sistem Resirkulasi dan Sistem Penghangatan Air untuk Pembenihan Ikan

Deskripsi Singkat


Tempat pembenihan ikan komersial seperti ikan Patin membutuhkan kondisi yang ideal agar pertumbuhan benih menjadi lebih cepat. Salah satu kondisi yang dibutuhkan adalah kehangatan air yang konstan, sirkulasi air dan udara yang baik, dan filtrasi yang baik.

Sistem penghangatan air menggunakan panas surya melalui kolektor surya, digabungkan dengan pemanas listrik, dan sistem resirkulasi akan menghemat penggunaan bahan bakar dan listrik.

Sistem resirkulasi terdiri atas 4 subsistem, yaitu penyuplai air, akuarium, sedimentasi dan filtrasi. Sistem penghangatannya sendiri terdiri atas 3 subsistem, yaitu : kolektor tenaga surya, pemanas listrik dan pengendali aliran udara.

Warmth for The Cat Fish

 

Short Description


Fish hatchery requires ideal conditions such as warm temperature, good water and air circulation and good filtration. Combining the water heating system with sun ray collector will save some energy.

The recirculation system consis of water supply, aquariums, sedimentation and fitration subsystems, while the heating system itself consist of solar collector, electrical heater and airflow control.


Perspektif

Menciptakan kondisi ideal untuk pembenihan harus dilakukan dilakukan dengan cara yang paling ekonomis, terutama bila tujuannya untuk komersial.

Keunggulan Inovasi:

  • Tidak memerlukan penggantian air
  • Menghemat penggunaan bahan bakar minyak tanah untuk penghangatan

Potensi Aplikasi:

Sistem resirkulasi dan sistem penghangatan sir secara spesifik dikembangkan untuk pembenihan ikan atau hewan air lainnya.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Ir. Budi Indra Setiawan, M.Agr

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Dit. Riset Kajian dan Strategis Ged. Rektorat AHN Lt. 5 Kampus IPB Darmaga Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi