• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Kecemerlangan nan Ramah dari Laut

Produksi Nanoklorofil dari Sargassum Sp.

Deskripsi Singkat


Inovasi ini telah mendapatkan nanopigmen klorofil dengan pembuatan nanopigmen klorofil dengan metode homogenisasi berkecepatan tinggi. Pembuatan nanopartikel pigmen memiliki kelebihan dibandingkan dengan partikel pigmen biasa. Nanopartikel pigmen organik memiliki kualitas dan ketahanan warna yang lebih baik karena ukurannya yang lebih kecil sehingga kemampuan dispersibilitas pigmen meningkat.

Penelitian mendalam mengenai pembuatan pigmen dengan nanopigmen klorofil belum banyak dilakukan khususnya pada dye sensitized solar cells (DSSC) dikarenakan masih terkendala pada efisiensi penyerapan sinar tampak dari pigmen organik, hal ini disebabkan karena masih menggunakan metode konvensional dalam ekstraksi pigmen. Aplikasi dari nanoklorofil ini pada DSSC dapat meningkatkan serapan cahaya hingga 326% dibanding dengan klorofil.

Friendly Brilliance from the Sea

 

Short Description


Chlorophyll is one of pigment currently used for Dye Sensitized Solar Cell (DSSC). As an organic pigment it has low stability due to oxidation and thermal process. This experiment was extracted pigment from Sargassum sp. and produced nanopigment by using the high speed homogenization process. The characteristics of nanopigment were shown to enhance the solubility in the polar organic solvent.


Perspektif

Upaya mengolah sumber daya kelautan kita yang melimpah dengan teknologi nano menunjukkan potensi inovasi yang tak terbatas.

Keunggulan Inovasi:

Dengan metode homogenisasi berkecepatan tinggi menghasilkan nanopigmen klorofil yang memiliki karakteristik antara lain warna lebih cerah, ukuran partikel seragam dan lebih kecil, dan konsentrasi klorofil lebih tinggi
Nanopigmen diharapkan Ukuran partikel klorofil lebih kecil (27.26 nm) dan konsentrasi klorofil lebih tinggi (33000µg/mL) sehingga stabilitas pigmen lebih tinggi. Tingkat dispersi yang lebih baik sehingga potensi aplikasi lebih luas


Potensi Aplikasi:

-


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Erliza Noor Dr. Akhiruddin Maddu Dr. Meika S. Rusli Andi Ridwan Makkulawu M.Si Hanum Nur Rachmawati STP

Institusi

Departemen Teknologi Industri Pertanian, FATETA IPB

Alamat

Kampus IPB Darmaga Bogor16680 Jawa Barat

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi