• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Kebal Peluru dengan Tulang Ikan

Militer Modern dengan Keramik Tulang Ikan (Fish Bone Military Modern)

Deskripsi Singkat


Tentara butuh peralatan dan perlindungan ekstra karena sifat pekerjaannya. Dari beberapa inovasi teknologi militer, salah satunya adalah bahan kevlar rompi tahan peluru, yang dikombinasikan dengan komposit keramik performa tinggi. Material yang digunakan antara lain adalah hidroksiapatit untuk membentuk biokeramik. Komposit keramik bisa juga untuk bidang otomotif, penyaring partikel pada mesin diesel, dan juga menjadi substitusi untuk produk piezoceramic sensor.

Inovasi yang ditawarkan adalah proses pengolahan limbah tulang ikan menjadi serbuk hidroksiapatit dengan kandungan mineral 57.5%. Proses ekstraksi melalui beberapa tahapan metode pemanasan, dekomposisi, pembuatan, dan karakterisasi performa keramik.

Bullet Proof with Fish Bone

 

Short Description


Ceramics are used in many areas, from military, automotive, to sensors. New type of high performance bio-ceramics, comes from natural resources such as hidroxyapatit found abundant in fish bone. The extraction involves several methods of thermal and decomposition of fish bone, to make and characterized high performance ceramics. The process produces powder with 57.5% of mineral content.


Perspektif

Mengembangkan material maju dari sumber yang baru, jika dilakukan secara sekaligus dengan mengembangkan aplikasinya secara lintas sektor, berpotensi menciptakan berbagai karya inovasi yang besar.

Keunggulan Inovasi:

  • Material maju hidroksiapatit diperoleh dari bahan limbah
  • Hidroksiapatit bisa digunakan sebagai bahan pengisi pada bedah ortopedi
  • Hidroksiapatit juga adalah bahan baku bio-keramik yang berpotensi menjadi substitusi bahan baku impor
  • Bahan baku tulang ikan tersedia murah dan melimpah

Potensi Aplikasi:

Sebagai bahan baku material maju bio-keramik untuk bidang militer, otomotif, penyaring partikel pada mesin diesel, dan juga menjadi substitusi produk piezoceramic sensor, menggantikan bahan baku impor


Innovator:

Tim Inovasi

Bambang Riyanto, S.Pi, M.Si; Nurrahman

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Dramaga - Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi