• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Katakan Tidak pada Tikus

Mesin Pengempos Tikus

Deskripsi Singkat


Tikus adalah musuh utama petani padi saat ini. Perkembangbiakan tikus yang sangat cepat (sepasang tikus mampu berkembang biak menjadi 635 pasang dalam setahun) menjadikan para petani kewalahan. Berbagi macam cara dilakukan untuk dapat memusnahkan hama tikus, mulai dari pemberian racun sampai pemasangan alat perangkap untuk tikus. Namun masih belum mampu mengatasi permasalahan tersebut.

Mesin pengempos tikus dirancang bagi petani agar bisa menekan populasi tikus secara massal. Alat ini mampu membunuh 2.000 ekor tikus di dalam jaringan liangnya per hari, dengan biaya operasional yang cukup ekonomis, sehingga diharapkan mampu meningkatkan produktivitas padi tanpa hama tikus.

Say No to Rats

 

Short Description


Field rats can potentially multiply from a pair to 635 pairs within a year. Various efforts have been done to control the population of rats in rice farms, including developing more effective rat poisons or designing better mousetraps. This rats exterminator is developed to do mass extermination of rats inside their burrows at a relatively low costs. It can kill 2.000 rats in a day.


Perspektif

Ancaman penyakit atau hama menjadi serius terutama karena kemampuannya menjalar atau berbiak dengan sangat cepat. Oleh karena itu dalam pemberantasan penyakit atau hama, tantangan inovasi seringkali bukanlah dalam hal efektifitas penanggulangannya tapi dalam efisiensinya.

Keunggulan Inovasi:

  • Dirancang untuk tidak merusak tanggul (pematang sawah) dan saluran irigasi
  • Biaya operasional murah
  • Mampu membasmi lebih dari 2.000 tikus per mesin per hari
  • Portabel

Potensi Aplikasi:

Mesin pengempos tikus ini dirancang khusus untuk upaya pembasmian hama tikus secara massal, baik oleh para petani langsung atau untuk mendukung program pemerintah.


Innovator:

Tim Inovasi

Mesin pengempos tikus ini dirancang khusus untuk upaya pembasmian hama tikus secara massal, baik oleh para petani langsung atau untuk mendukung program pemerintah.

Institusi

PRIBADI

Alamat

Jl. Raya Abdul Fatah RT 05/04, Pahonjean, Majenang, Cilacap, Jawa Tengah

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi