• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Kalau Bisa Singkat, Kenapa Harus Panjang

SIDoBI: Sistem Ikhtisar Dokumen untuk Bahasa Indonesia

Deskripsi Singkat


Fenomena kelebihan data adalah ciri khas masyarakat modern dewasa ini. Sistem Ikhtisar Dokumen untuk Bahasa Indonesia (SIDoBI) merupakan perangkat lunak berbasiswebpertama di Indonesia pembuat ikhtisar/ringkasan secara otomatis (automatic summarization) untuk dokumen berbahasa Indonesia.

Aplikasi ini dikembangkan berdasarkanFree/Open Source Software(FOSS) MEAD,tooluntuk membuat ikhtisar secara otomatis. MEAD yang berbahasaPerl, terhubung ke aplikasi SIDoBI diserver webmenggunakan antarmuka Mead PHP yang dikembangkan untuk SIDoBI. Karena berbasis FOSS, SIDoBI dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan dapat berfungsi di sembarangserver webyang mendukung bahasa PHP dan bahasaPerl.

If It Can Be Brief, Why Make It Long?

 

Short Description


Nowadays, we are overloaded with too many data, while we only need summarized information.

The web-based automatic summarizer software called Sistem Ikhtisar Dokumen for Bahasa Indonesia (SIDoBI) is able to summarize text documents written in Bahasa Indonesia. It is developed based on Free/Open Source Software (FOSS) Mead using Perl and PHP language and can be run on any web server.


Perspektif

Jika terlatih kita mampu membaca kata-kata kunci penting, sebagai intisari dari sebuah kalimat yang panjang. Membuat aplikasi yang mampu melakukan hal tersebut, akan membantu orang lain untuk menyerap intisari dari berbagai data yang ada menjadi informasi yang berguna.

Keunggulan Inovasi:

  • Dapat membuat ikhtisar dokumen berbahasa Indonesia secara cepat dengan metodecopyand pasteberupa file teks,word, pdf, situs web (URL)
  • Panjang ikhtisar yang diminta dapat diatur
  • Dapat digunakan se-user friendlymungkin oleh pengguna akhir, dengan memanfaatkan semua fitur MeadPHP
  • Gratis dan dapat didownload di https://sourceforge.net/projects/sidobi/

Potensi Aplikasi:

Kemampuan untuk meringkas tulisan dalam bahasa Indonesia, untuk peringkasan beritaonline, peringkasan dokumen panjang dalam waktu singkat, peringkasan RSS situs berita diwebsite, dan lain-lain.


Innovator:

Tim Inovasi

Bowo Prasetyo; Oskar Riandi; Mohammad Teduh Uliniansyah

Institusi

BPPT

Alamat

Gedung BPPT II, Jl. MH. Thamrin 8, Jakarta 10340

Status Paten

Kesiapan Inovasi

Kerjasama bisnis

Peringkat Inovasi


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi