• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Kaget dan Kabur demi Produktivitas

Aplikasi Pulsed Electrical Field dan Fuzzy Logic System (PERFECT) pada Alat Pembuat Nata sebagai Upaya Optimasi Kualitas dan Kuantitas Produksi

Deskripsi Singkat


Pulsed Electrical Field and Fuzzy Logic System (PERFECT) adalah pemroses dan fermentor nata dari limbah kulit apel, yang selama ini sulit dilakukan karena nata mudah terkontaminasi. Setelah melalui proses porifikasi (untuk meningkatkan rendemen) dan pasteurisasi (untuk membunuh bakteri patogen) secara non-thermal dengan pulsed electric field (kejut listrik), proses fermentasi dikendalikan dengan fuzzy logic untuk menjamin suhu proses yang stabil. Pembuatan nata dengan PERFECT hanya membutuhkan waktu 5 hari dengan tingkat keberhasilan 98%.

 

Shock and Fuzzy for Productivity

 

Short Description


Pulsed Electrical Field and Fuzzy Logic System (PERFECT) is a processor and fermenter of nata from apple peel waste, which so far have been difficult to do because nata is easily contaminated. After going through porification process (to increase yield) and pasteurization process (to kill pathogenic bacteria) with pulsed electric fields, the fermentation process is controlled by fuzzy logic to ensure stable process temperature. Making nata with PERFECT only takes 5 days with a success rate of 98%.


Perspektif

Pengolahan makanan dengan panas telah berusia ribuan tahun, dengan bahan kimia ratusan tahun, dengan gelombang puluhan tahun. Dan kini kita memasuki era penuh "kejutan".


Keunggulan Inovasi:

  • Pulsed Electric Field merupakan teknologi pengolahan bahan pangan non thermal, yang sekaligus dapat membuka pori membran sel sehingga dapat meningkatkan rendemen sari buah, menginaktivasi enzim sari buah agar karakteristik dan nutrisi tetap terjaga baik, dan menginaktivasi mikroorganisme dalam sari-buah
  • Teknologi kontrol fuzzy logic digunakan untuk mengatur suhu, kelembaban dan ketersediaan oksigen, guna menciptakan keadaan yang terkontrol pada sistem, sehingga meminimalisisir kegagalan proses. 

Potensi Aplikasi:

Inovasi PERFECT telah diaplikasikan untuk membantu industri UKM memanfaatkan limbah kulit apel menjadi nata, yang selama ini tidak menarik karena memerlukan waktu lama (3-4 minggu), kualitas tidak terkontrol, dan tingkat kegagalan proses yang tinggi akibat kontaminasi. Pembuatan nata dengan PERFECT hanya membutuhkan waktu 5 hari dengan tingkat keberhasilan 98%. Ke depan, inovasi ini berpotensi dikembangkan ke skala industri dan/atau dikembangkan untuk mengolah produk-produk nata dari limbah buah lainnya. 

 


Innovator:

Tim Inovasi

Luki Agus Surisdianto, Adi Rahmanto Wibowo, Khalil Milad Fadhillah, Tutut Hidayati, Riyadlotul Ula

Institusi

Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya

Alamat

Jl. Gajayana No. 669, Dinoyo, Malang, Jawa Timur

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi