• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Jembatan SMS bagi Tunanetra

T-SMS : Aplikasi SMS (Short Message Service) untuk Tunanetra

Deskripsi Singkat


Short Message Service (SMS) merupakan salah satu layanan komunikasi paling populer di masyarakat. Selain harganya murah, penggunaannya juga mudah. Sayangnya, pemakai SMS memerlukan kemampuan membaca dan tentunya melihat, yang tidak dimiliki oleh penyandang tunanetra.


Aplikasi T-SMS dikembangkan untuk membantu penyandang tunanetra menggunakan layanan SMS. Pengguna cukup melisankan pesan yang akan dikirim. Teknologi lisan-ke-teks (speech-to-text) pada aplikasi ini, akan mengubah suara menjadi teks. Sebaliknya, jika ada pesan SMS yang masuk, teknologi teks-ke-lisan (text-to-speech) akan mengubah pesan teks menjadi suara. T-SMS dilengkapi desain antar-muka yang dirancang khusus untuk tunanetra.

SMS Bridging for the Blinds

 

Short Description


Short Message Service (SMS) has become one of the most popular communication services today. It is cheap and practical. Unfortunately, to use SMS effectively, one must be able to see and read. This is not easy for the blinds.

T-SMS uses speech-to-text as well as text-to-speech technologies, with a specially designed user interface for the blinds.


Perspektif

Inovasi teknologi komputer dan telekomunikasi telah memberikan manfaat dan kemudahan yang luar-biasa bagi kehidupan manusia. Mengikut-sertakan kelompok penyandang tunanetra untuk ikut memanfaatkan inovasi tidak hanya bermakna ekonomis semata, tetapi khususnya sangat bermakna sosial kemanusiaan.

Keunggulan Inovasi:

  • Desain antar-muka (interface) yang dirancang khusus untuk penyandang tunanetra
  • Mudah digunakan
  • Aplikasi T-SMS dapat diunduh secara gratis.


Potensi Aplikasi:

Aplikasi ini ditujukan khususnya bagi penyandang tunanetra, baik untuk keperluan pekerjaan, maupun untuk kehidupan sehari-hari.


Innovator:

Tim Inovasi

Ozi Priawadi; Sony Hartono Wijaya, M.Kom.; Lizza Amini Gumilar; Nadya Elsanoviany Putri; Fadila Andre Mulyanto; Rahmad Syaifullah G

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi