• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Jejak Si Petualang dari Masa Lampau

Eksplorasi Migas Menggunakan Radiasi Nuklir Alami

Deskripsi Singkat


Saat pembentukan minyak bumi, mikro organisme secara intensif mengangkut logam-logam khusus yang akhirnya terkandung dalam minyak bumi, salah satunya adalah unsur Uranium. Sehingga di lapangan , sering dijumpai konsentrasi unsur Uranium yang tinggi yang telah meluruh menjadi Radon. Sifat radioaktif pada unsur Radon inilah yang menjadi ide dasar alat verifikasi eksplorasi lokasi potensi hidrokarbon.

Metode Seismo Radionuklida diharapkan dapat mempertajam data dari metode seismik, yang memiliki keterbatasan dalam menduga jenis fluida yang dikandung di dalam areal pengukuran. Inovasi ini dapat digunakan sebagai indikator hidrokarbon karena paparan radiasi partikel alfa gas Radon menembus hingga kepermukaan.

Tracing The Explorer from the Past

 

Short Description


During the creation of natural oil and gas, some micro organisms intensively carry Uranium that eventually becomes Radon and stays in the hydrocarbon.

Seismo Radionuclide Technology enhances seismic data analysis in oil and gas exploration. It can predic the type of hydrocarbon liquids through traces of alpha gas produced by Radon, detectable from the surface.


Perspektif

Teknologi nuklir bisa membantu manusia menemukan sesuatu, tidak hanya untuk masa depan, tetapi juga sesuatu yang terjadi jauh di masa lalu.

Keunggulan Inovasi:

  • Mampu menekan biaya eksplorasi migas melalui verifikasi data
  • Pengoperasian yang mudah dan praktis

Potensi Aplikasi:

Penentuan lokasi potensi migas di wilayah kerja pertambangan baru


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Suprajitno Munad; Rosie Andi Saputro, S.Si, Ir. Sudarman Sofyan; Humbang Purba, M.Si; Yudi Kuntoro, S.Si; Ir. Edy Tjahyono

Institusi

LEMIGAS

Alamat

Jl. Ciledug Raya Kav. 109, Jakarta Selatan 12230

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi