• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Inkubator Bakau

Penerapan Teknik Guludan dalam Penanaman Mangrove pada Lahan yang Terendam Air Masin yang Dalam

Deskripsi Singkat


Hutan bakau (mangrove) memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mencegah banjir. Sayangnya, banyak kawasan hutan bakau di Indonesia rusak karena terendam air masin akibat abrasi di pinggir pantai.

Kerusakan ini dapat menyebabkan banjir lokal di kawasan pinggiran pantai, seperti yang pernah terjadi di kawasan jalan tol menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, saat terjadi hujan deras. Pelestarian dan penanaman kembali hutan bakau pada lahan yang tergenang air masih perlu dilakukan untuk mencegah banjir.

Teknik guludan dapat dipilih untuk melakukan hal tersebut, khususnya untuk lahan yang tergenang air cukup dalam dan berarus tenang, maupun yang berarus deras. Caranya dengan membuat petak-petak tanah sebagai media tumbuh tanaman bakau.

Mangrove Incubator

 

Short Description


Mangrove forest can prevent floods. Unfortunately, many mangrove forests in Indonesia are damaged by brackish water due to beach abrasion

This damage can cause flooding in coastal areas as happened the Airport Highway in jakarta. Mangrove forests replanting and conservation can be done with guludan techniques, by making plats of land as media to grow mangrove plants.


Perspektif

Teknik dan praktek sederhana yang telah dianggap "biasa", ternyata ampuh digunakan untuk menyelamatkan hutan bakau yang telah rusak, serta mencegah terjadinya bencana.

Keunggulan Inovasi:

  • Teknik sederhana dan mudah dilakukan
  • Dapat mengembalikan hutan payau yang telah rusak terabrasi
  • Berhasil dalam uji coba bersama PT. Jasa Marga dan Dinas Kehutanan DKI

Potensi Aplikasi:

Dapat diaplikasikan dalam program-program kehutanan, lingkungan, kelautan, maupun proyek pembangunan jalan raya; khususnya di kawasan pesisir.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. Ir. Cecep Kusmana,MS; Dr. Ir. Istomo, MS; Ir. Tarma Purwanegara, BE

Institusi

Dept. Silvikultur, Fakultas Kehutanan IPB

Alamat

Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi