• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Imunisasi untuk Ikan

Aplikasi Vaksin DNA Anti-KHV pada Budidaya Ikan Mas (Cyprinus carpio) untuk Ketahanan Pangan Nasional

Deskripsi Singkat


Tiap tahunnya selalu terjadi kasus kematian massal ikan mas yang disebabkan oleh Koi Herpes Virus (KHV). Hal ini menjadi kendala besar dalam budidaya ikan mas. Vaksin untuk ikan mas yang beredar di pasaran pada umumnya memiliki risiko kematian ikan-ikan yang divaksin oleh efek samping, sehingga hasilnya tidak sepenuhnya efektif.

Vaksin DNA anti-KHV adalah vaksin lokal yang berasal dari gen glikoprotein KHV setelah proses modifikasi gen. Vaksin ini diberikan pada ikan menggunakan metode injeksi, perendaman, atau melalui pakan, serta terbukti aman dan dapat memberikan proteksi yang baik. Tidak seperti beberapa obat ikan lainnya, vaksin DNA anti-KHV tidak meninggalkan residu berbahaya bagi ikan, lingkungan, maupun konsumen ikan.

Immunization for Fish

 

Short Description


Every year, carp farmers suffer on mass deaths of fish caused by Koi Herpes Virus (KHV) infection. Vaccines against this disease are already available, but the carp often die from the side-effects, so that the immunization process is not of high efficacy. The innovation offers a safe anti-KHV DNA vaccine which is made from gene-modified glycoproteins. the drugs can be administrated to carp through injections, soaking or feeding methods.


Perspektif

Mati karena diobati atau mati karena tidak diobati, keduanya bukan pilihan yang baik. Seharusnya diobati agar tidak mati.

Keunggulan Inovasi:

Terbukti efektif mengurangi kematian ikan yang terkena KHV
Aman bagi konsumen, ikan, dan lingkungan
Cocok dengan budidaya ikan emas dan ikan koi di Indonesia


Potensi Aplikasi:

-


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Sri Nuryati, S.Pi, M.Si Dr. Alimuddin, S.Pi, M.Sc Yuni Puji Hastuti, S.Pi, M.Si Ir. Ayi Santika, M.Si Lina Mulyani Asep Akmal Aonullah

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Direktorat Riset dan Inovasi IPB Gd. Andi Hakim Nasoetion Lt.5 Kampus IPB Darmaga, Bogor Jawa Barat 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi