• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Ibu Sehat, Anak Sehat

Peningkatan Produksi Benih Ikan Nila Oreochromis niloticus yang Tahan terhadap Streptococcus agalactiae melalui Vaksinasi Induk

Deskripsi Singkat


Salah satu penyakit mematikan yang mengancam ikan Nila adalah infeksi bakteri Streptococcus agalactiae. Meski mengancam seluruh fase pertumbuhan, fase yang paling rawan adalah fase benih, karena benih ikan belum memiliki kekebalan tubuh yang cukup.

Inovasi yang dikembangkan ini menggunakan prinsip transfer imunitas dari induk ke anak: sebelum memilah, induk terlebih dulu divaksin menggunakan sediaan vaksin gabungan sel utuh dan produk ekstraselula Streptococcus agalactiae. Sang induk kemudian membentuk imunitas yang ditransfer kepada anakannya ketika memijah. Ini dibuktikan dengan lebih tingginya antibodi dan tingkat kelangsungan hidup relatif rata-rata anakan yang induknya divaksin, dibandingkan yang tidak, ketika keduanya diinfeksi dengan Streptococcus agalactiae.

Healthy Parent, Healthy Fry

 

Short Description


Streptococcus agalactiae is a deadly bacteria that threatens the tilapia,especially during the fry phase. This innovation expands the principleof maternal immunity using a combined vaccine preparations, which isthen naturally transferred to its offsprings. The offsprings of a vaccinatedbroodstock has shown to have a better immune response when exposedto the Streptococcus agalactiae pathogen.


Perspektif

Dalam menjaga mutu berlaku hukum 1-10-100. Jika biaya untuk menghasilkan mutu yang baik pada awal proses = 1, di tengah proses = 10, maka pada akhir proses = 100.

Keunggulan Inovasi:

  • Melindungi induk dan benih sekaligus
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi benih ikan
  • Lebih ekonomis
  • Ramah lingkungan

Potensi Aplikasi:

-


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Ir. Sukenda, M.Sc Rahman, S.Pi, M.Si

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Departemen Budidaya Perikanan, FPIK IPB Jl. Lingkar Akademik Kampus IPB Darmaga Bogor 16680

Status Paten

Kesiapan Inovasi

Kerjasama bisnis

Peringkat Inovasi


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi