• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Hentikan Injeksi Liar

Alat Penghancur Jarum Suntik dengan Teknik Self-Heating

Deskripsi Singkat


Buruknya penanganan jarum suntik bekas pakai bisa menjadi sumber bencana penyebaran penyakit berbahaya. Alat penghancur jarum suntik dengan teknik self-heating hadir sebagai solusi tepat. Seperti filamen pada lampu pijar, jarum suntik menjadi sangat panas dan meleleh akibat perbedaan tegangan arus listrik, sembari membunuh kuman yang mungkin terbawa.

Alat ini dilengkapi thermal switch sebagai pengaman yang akan memutus aliran listrik pada kondisi tertentu. Konsumsi daya listriknya rendah, desainnya sederhana, ukurannya kecil, dan mudah digunakan, membuatnya cocok untuk digunakan di ruang praktik dokter. Alat ini bisa diproduksi di dalam negeri dengan harga kompetitif dan pangsa pasar di dunia internasional.

Stop Illegal Injections

 

Short Description


Infections due to improper handling and poor management of used injection needles could be fatal. Needle destroyer with self-heating technique, uses high voltage electricity current to melt the needle in contact, similiar to a filament in a light bulb.

It is equipped with thermal switch for safety measure, consumes little electricity, with simple design, small in size, easy and practical to use. It can be produced domestically with international market share.


Perspektif

Menghancurkan jarum suntik sekali pakai, sesaat setelah digunakan sembari membunuh kuman yang terbawa adalah cara yang paling benar untuk mencegah penularan penyakit berbahaya.

Keunggulan Inovasi:

  • Proses penghancuran sangat cepat
  • Harga lebih murah karena seluruh komponen produk dalam negeri
  • Limbah jarum sangat steril berbentuk serbuk
  • Percikan api tidak keluar sehingga lebih aman bagi pengguna
  • Perawatan yang tidak rumit serta konsumsi daya listrik sangat rendah

Potensi Aplikasi:

Penghancur jarum suntik portable ini perlu dimiliki oleh semua petugas medis yang menggunakan jarum suntik sekali pakai, di ruangan maupun di lapangan.


Innovator:

Tim Inovasi

Bambang Widiyatmoko

Institusi

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Alamat

Pusat Penelitian Fisika, kompleks PUSPITEK, Setu, Tangerang Selatan

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi