• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Hama Tamat, Ozon Selamat

Menembus Pasar Ekspor Buah-Buahan Dengan Iradiasi

Deskripsi Singkat


Perlakuan fitosanitari merupakan perlakukan untuk mencegah masuk dan menyebarnya hama karantina. Biasanya, digunakan fumigan metil bromida, tetapi fumigan ini dapat merusak ozon sehingga dibatasi penggunaannya. Salah satu alternatif adalah perlakuan dengan iradiasi Gamma. Iradiasi ini ramah lingkungan dan berdaya tembus tinggi, sehingga efektif membunuh berbagai hama, termasuk yang tersembunyi di dalam daging buah dan biji.

Iradiasi ini lebih unggul karena dapat dilakukan pada produk yang telah dikemas, tidak meninggalkan residu, berbagai jenis buah toleran terhadap iradiasi, dan aplikasi cepat. Dosis iradiasi yang digunakan telah sesuai dengan International Standards for Phytosanitary Measure (ISPM) Nomor 18 (2003).

Begone Pests, Ozone Saved

 

Short Description


Gamma irradiation is an effective phytosanitary treatment to kill various pests including those hidden in fruit flesh and seeds. Irradiation is superior because it can be done on a product that has been packed, leaving no residue, various kinds of fruit tolerance to irradiation, and quick application. This irradiation environmentally friendly and complies with international standard of the ISPM.


Perspektif

Di era global dewasa ini, perdagangan buah menembus batas-batas negara, demikian juga resiko penularan hama. Untuk itu, diperlukan teknik fitosanitari yang dapat menjaga kualitas buah, ramah lingkungan, dan efektif membunuh dan mencegah penularan hama tanaman sekaligus.

Keunggulan Inovasi:

  • Memiliki daya tembus yang tinggi sehingga efektif membunuh hama, baik yang terdapat di dalam daging buah, maupun di biji.
  • Dapat dilakukan pada produk yang telah dikemas.
  • Proses fitosanitari relatif cepat dan praktis.
  • Tidak meninggalkan residu.
  • Kualitas dan kesegaran buah terjaga.


Potensi Aplikasi:

Dapat diterapkan pada lembaga atau perseorangan yang menekuni ekspor impor komoditas pertanian. Selain itu, terbuka juga penelitian untuk fitosanitari pada komoditas pertanian ekspor impor lain.


Innovator:

Tim Inovasi

Dra. Murni Indarwatmi, M.Si; A. Nasroh Kuswadi; Indah Arastuti Nasution

Institusi

PATIR BATAN

Alamat

Jl. Lebak Bulus Raya No. 49 Pasar Jumat Jakarta 12440

Status Paten

Kesiapan Inovasi

Kerjasama bisnis

Peringkat Inovasi


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi