• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Halal nan Cantik

Produksi Kolagen Sebagai Biomaterial Matriks Ekstraseluler Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Dan Perkembangan Sel secara In Vitro

Deskripsi Singkat


Kolagen memiliki kegunaan yang sangat luas yakni untuk berbagai keperluan kosmetika, farmasi dan medis. Sayangnya, sampai saat ini kolagen komersial yang diimpor dari luar negeri umumnya diproduksi dari kulit dan tulang sapi atau babi tidak terjamin kehalalan, disamping harganya yang mahal.

Kolagen dapat diisolasi dari bahan tendon domba dan kulit ikan gurame dengan metoda ekstraksi asam. Kolagen yang dijamin halal ini telah diuji sebagai biomaterial matriks ekstraseluler, ternyata mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel secara in vitro. Bahkan kinerja kolagen yang dihasilkan lebih baik dibandingkan dengan kolagen kulit sapi komersial.

Beautifully Halal

 

Short Description


Collagen has wide applications in cosmetics, pharmaceuticals, and medicines. However, since collagen is mainly extracted from skins or bones of livestocks, either cattle or swine; its halalness status is questioned, aside its still expensive imported materials.

This innovation is about developing alternative source of collagen from tendons of sheeps, and skin of gouramy fish for assuring its halalness. In vitro test of the collagen as extracellular matrices biomaterials proved to perform better than the commercial collagen made from cowhide.


Perspektif

Kehalalan tetap diinginkan sekalipun tidak dipermasalahkan jika digunakan untuk alasan pengobatan. Inovasi tetap bernilai tinggi, jika selain faktor kehalalan dapat dibuktikan berbagai prospek keunggulan dan manfaat lainnya; misalnya keekonomian, kinerja produk, maupun tingkat kandungan lokalnya.

Keunggulan Inovasi:

  • Telah teruji bahwa produk kolagen ini dapat digunakan sebagai matriks ekstraseluler secara in vitro, dan lebih baik dibandingkan dengan kolagen komersial dari kulit sapi
  • Dijamin halal, mensubstitusi kolagen impor yang belum tentu halal


  • Biaya produksi lebih murah karena menggunakan bahan baku dari limbah tendon domba dan kulit ikan gurami.


Potensi Aplikasi:

Inovasi ini dapat diaplikasikan secara luas untuk menggantikan kolagen impor yang digunakan secara luas untuk bahan bedah medis maupun bedah kosmetik, untuk produk makanan, dan bahan farmasi.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. drh. Ita Djuwita, M.Phil, PAVet (K); drh. Kusdiantoro Mohamad, M.Si; drh. Wahono Esthi Prasetyaningtyas, M.Si

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi