• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Gongseng Kering Makanan Ikan

Mesin Pencampur dan Pengering Pakan Ikan/Udang

Deskripsi Singkat


Pakan merupakan salah faktor penting dalam industri budidaya ikan/udang. Vitamin pun ditambahkan ke dalamnya untuk meningkatkan kualitas pakan. Bentuk vitamin umumnya berupa cairan yang dicampurkan ke pakan, kemudian dikeringkan kembali dan dilakukan setiap kali pemberian pakan. Proses ini tidak efisien, butuh waktu lama, dan hasilnya tidak merata. Bila dilakukan dalam jumlah besar, pakan terancam cepat rusak juga mencemari air tambak bila tidak kering sempurna.

Mesin pencampur dan pengering pakan elektromekanik ini bisa secara sekaligus mencampur dan mengeringkan pakan dengan kapasitas besar dalam satu kali proses pencampuran. Waktunya lebih singkat dibandingkan cara-cara konvensional yang dilakukan selama ini.

Mix and Dry the Fish Feed

 

Short Description


Vitamin additives to improve stock feeds quality are usually in liquid form. It needs to be mixed with the feed and then dried properly. This process is cumbersome, inefficient and takes time.

This machine mixes and dries the stock feed efficiently with large capacity, in one process. The time it takes to finish the process is much faster compared to the conventional ways. It is more efficient, effective and faster.


Perspektif

Peternak sangat bergantung pada kualitas pakan untuk meningkatkan hasil ternaknya. Pakan berkualitas siap pakai harganya tinggi, padahal bila bisa dikerjakan sendiri secara efisien, harganya bisa jadi lebih ekonomis.

Keunggulan Inovasi:

  • Dapat mencampur sekaligus mengeringkan pakan ikan/udang dalam waktu singkat dengan tetap mempertahankan kualitas suplemen pakan ikan/udang
  • Kualitas air terjaga karena pakan yang dikayakan sudah dalam kondisi kering.


Potensi Aplikasi:

Mesin ini dapat diaplikasikan di umkm produsen pakan ikan alternatif, pada pembudidaya ikan skala menengah ke atas, pada koperasi/kelompok pembudidaya, dan pada pemerintah daerah sektor perikanan.


Innovator:

Tim Inovasi

Ayi Rahmat,SPi., MSi.

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi