• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Gelatin Mikro dari Limbah Ikan

Fish Gelatin Mikro Kristalin (MIKRO-GELATIN)

Deskripsi Singkat


Gelatin ikan adalah gelatin yang berasal dari kulit, tulang dan sisik ikan, terutama kulit ikan mengadung 80% protein gelatin, mempunyai karakteristik yang menyerupai gelatin import. Gelatin mikro kristalin adalah gelatin yang mempunyai sifat sifat yang sama dengan gelatin tetapi sudah dimodifikasi ukurannya menjadi lebih kecil(mikro partikel), sehingga bisa dicerna oleh enzim pencernaan (protease) menjadi asam amino yang lengkap sebagai asupan asam amino dan sebagai prekursor anti aging. Sementara gelatin biasa tidak dapat dicerna karena molekulnya masih besar dengan polimer yang panjang (sekitar 1000 monomer) Gelatin dapat tersedia dalam berbagai bentuk ketersediaan, diantranya bentuk tepung, lembaran, batang, kotak, lempeng, scrumble dan tepung sangat halus mikro kristalin. Gelatin mudah larut dalam air, secara homogen membentuk larutan kental (viskos) dengan viskositas sekitar 175 cP, dengan karakteristik yang unik yaitu berwarna putih,kekuningan, tidak berbau, tidak toksik, membentuk larutan kental dengan kelarutan lebih dari 95% dan dapat diaplikasikan kedalam berbagai bidang diantaranya makanan, kecantikan, farmasi/pensalut obat, pewarnaan textile, kertas dan sebagai suplemen penyedia asupan asam amino yg baik, Gelatin ikan diproses dengan bahan-bahan alami yaitu asam cuka yang encer. Gelatin dapat diproduksi dalam skala besar ataupun kecil melalui teknik Hidroekstraksi yang diawali dengan Pretreatment untuk mengurangi pengotor non gelatin dan dilanjut dengan Mikro Milling menjadi Fish Gelatin Mikro Kristalin.

Micro Gelatin from Fish Waste

 

Short Description


-


Perspektif

-


Keunggulan Inovasi:

Teknik produksi fish gelatin terdiri dari beberapa metode yaitu metode asam, basa dan enzimatis. Teknik pembuatan dengan metode asam encer yang dilengkapi dengan Hidroekstrasi tergolong sebagai metode yang paling sederhana dengan hasil yang istimewa, rendeman lebih tinggi daripada metode enzimatis. Tahap Pretreatment berguna untuk mengeliminir bahan-bahan pengotor non gelatin. Pretreatment ini dilakukan dengan mengunakan larutan NaOH yang sangat encer yaitu 0,1%, tahap ini mampu memisahkan berbagai pengotor seperti protein non gelatin, lemak, mineral, warna dan bau sehingga akan menghasilkan produk akhir yang cukup murni. Tahap Hidrolisis merupakan tahap pembentukan Mikrofibrial sampai menjadi progelatin melalui asam cuka encer 0,1%. Keberhasilan tahap ini terindikasi dengan pengembangan bahan beberapa kali lipat yang dapat diukur dengan parameter Densitas Kamba. Tahap akhir adalah Hidroekstraksi pada suhu 70 0C yaitu tahap perubahan progelatin menjadi gelatin menghasilkan produk cair yang homogen dan kental siap dibentuk menjadi berbagai model sediaan, baik makanan ,farmasi dan kosmetik.sedangkan; Final proses: adalah pembentukan Mikro Kristalin dengan alat sizing Mikro Milling, menghasilkan mikro gelatin yang sangat halus, lembut dan mudah larut dalam air membentuk larutan viskos dan dapat berfungsi sebagai suplemen protein atau sebagai asupan asam amino fungsional karena dapat dicerna dan kompatibel untuk kebutuhan tubuh yang sehat. Metode tersebut diatas merupakan metode yang paling sederhana dengan tingkat keberhasilan recovery serta kualitas hasil yang memenuhi standar.


Potensi Aplikasi:

Fish gelatin mikro kristalin dapat diaplikasikan diberbagai keperluan pangan: sebagai pengental, pembentuk gel, memperbaiki tekstur, penstabil, pengisi dan minuman kesehatan. Bidang farmasi, pensalut obat, capsul obat, pengental pada sirup. Bidang kecantikan sebagai penstabil, pengental, pengisi, pembentuk tekstur, anti aging, pelembab (inhibitor ride) dan sebagai mikkro enkapsulator. Sebagai sumber protein tercerna melalui modifikasi ukuran partikel, gelatin mikro dapat dicerna menjadi asam-asam amino dan dapat diserap oleh reseptor masuk kedalam tubuh dan akan dimetabolisme sesuai kebutuhan tubuh diantaranya sebagai bahan anti aginepet larut, g dalam tubuh., penguat gusi serta penyempurna tulang dan yang paling prospektif adalah penyediaan kulit kapsul yang aman, halal dan menyehatkan. Selain itu mikro gelatin ikan berperan aktif sebagai sumber asupan protein singgel heliks penyedia asam amino kompatibel bagi tubuh diantaranya anti aging yang si metabolisme dari asam amino yang tersedia /bersumber dari gelatin mikro tercerna. Sebagai sarana terpuji dalam upaya meningkatkan kecerdasan generasi penerus maka dapat dibuat permen jeli sigma vit yang disukai semua umur.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Pipih Suptijah, MBA

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Departemen Teknologi Hasil Perikanan, Kampus IPB Dramaga, Bogor

Status Paten

Belum Didaftarkan

Kesiapan Inovasi

* Prototype

Kerjasama bisnis

* Terbatas

Peringkat Inovasi

* Prospektif


File

Tidak ada


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi