• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Emping Lezat, Sendi Sehat

Emping Melinjo Penjinak Asam Urat

Deskripsi Singkat


Emping melinjo adalah makanan khas Indonesia yang dikenal enak dan gurih karena ada sensasi pahit saat memakannya. Namun emping melinjo seringkali dikaitkan dengan penyakit asam urat, karena diyakini menjadi penyebab peningkatan kadar purin dalam darah. 

Pada inovasi ini, emping melinjo direndam selama 2 jam dalam rebusan daun Suruhan (Infusa peperomia). Daun Suruhan adalah tumbuhan liar yang mudah ditemukan di pekarangan. Dalam uji kandungan asam urat dalam darah selama 2 jam post prandial diperoleh data bahwa responden yang mengkonsumsi 10 emping yang telah diolah ini mengalami penurunan kadar asam urat antara 0,3 - 0,4 mg/dL.

Tasty Chips for Healthy Joints

 

Short Description


In this innovation, melinjo crackers is soaked in boiled suruhan leaf (Infusa peperomia) to neutralize compounds that trigger the increase of purine level in the blood. Suruhan leaf is a wild plant that is easy to find. In the uric acid blood test after 2 hours post prandial, it is shown that the respondents which consumed 10 of treated melinjo crackers have a decrease of uric acid level between 0.3-0.4 mg/dL.

Perspektif

Menjaga kesehatan seringkali dikatikan dengan makanan yang kurang memiliki cita rasa. Dengan cara yang sederhana, kita tetap dapat mengkonsumsi makanan bercita rasa tinggi dengan tetap menjaga kesehatan.

Keunggulan Inovasi:

• Proses pengolahan mudah dan sederhana
• Mengurangi resiko asam urat bagi penggemar emping melinjo

Potensi Aplikasi:

-

Innovator:

Tim Inovasi

Harmilah Lili Pujiastuti

Institusi

SMA Sri Mukti Cilacap

Alamat

Jl. Bawean No. 293 Gunungsimping Cilacap 53224 Jawa Tengah

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi