• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Dicor, Dibaut, Digowes

Rangka Sepeda Diproduksi dengan Proses Pengecoran

Deskripsi Singkat


Rangka sepeda yang ada umumnya dibuat dari pipa yang disambung dengan pengelasan. Diperlukan teknologi bahan baku dan teknologi pengelasan yang relatif kompleks untuk produksi sepeda secara massal. Guna mengurangi ketergantungan pada pipa dan pengelasan yang kompleks, maka perlu alternatif proses produksi rangka sepeda yaitu menggunakan teknologi pengecoran sederhana.

Rangka sepeda Castbike ini tersusun atas tiga komponen yaitu rangka depan, rangka samping kiri dan rangka samping kanan. Tiga komponen rangka tersebut disusun dan disambung dengan menggunakan tiga buah baut. Komponen rangka depan pada lubang dudukan sadel, lubang dudukan stang, dan lubang poros pedal dicetak pejal, serta dilubangi menggunakan mesin bubut.

Cast, Bolt, Pedal

 

Short Description


The existing bicycle frame made of pipes by welding requires high technology for raw material (pipes) with complicated welding methods. Simple casting technology can reduce this dependency and enable production of Castbike bicycle frame. This frame consists of 3 solid components which will be connected using 3 bolts. It is designed with safety, manufacturability and flexibility in mind.


Perspektif

Teknologi ini memberikan peluang kepada industri kecil dan menengah di Indonesia untuk memproduksi rangka sepeda tanpa tergantung pada teknologi pembuatan pipa dan pengelasan yang rumit.

Keunggulan Inovasi:

  • Tidak memerlukan bahan baku berbentuk pipa
  • Tidak memerlukan proses pengelasan
  • Proses produksi bisa dilakukan industri kecil dan menengah (IKM)

Potensi Aplikasi:

Mengingat Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan penjualan sepeda terbesar di dunia, maka potensi penerapan teknologi ini di IKM cukup besar.


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Suyitno, S.T., M.Sc.

Institusi

Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Gajah Mada

Alamat

Kampus UGM, Jl. Grafika No.2, Yogyakarta 55281

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi