• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Dicat Jadi Siluman

Smart Magnet untuk Cat Anti Deteksi Radar

Deskripsi Singkat


Salah satu pemaanfaatan bahan baku lokal logam tanah jarang (LTJ) oksida adalah membuat bahan smart magnet (SMAG), yang dapat digunakan untuk membuat cat anti deteksi radar dengan spesifikasi serapan ~ 90% pada frekuensi broadband 8,1-11,5 GHz.  Inovasi ini diharapkan dapat membantu industri cat nasional dalam menumbuhkan kemampuan perekayasaan, inovasi dan difusi teknologi yang bernilai tinggi termasuk  kebutuhan di industri pertahanan.

Painted into Stealth

 

Short Description


One of the uses of local rare earth metals (RTJ) is to make smart magnetic materials (SMAG), which can be used to make anti-radar paints with ~ 90% waves absorption specifications at 8.1-11.5 GHz broadband frequencies. This innovation is expected to help the national paint industry in developing its capabilities in engineering and  innovation, to deliver  high-value technologies such as anti-radar paints for Indonesia's defense industry.


Perspektif

Penguasaan ilmu dan teknologi semakin mengungkap berkah kekayaan alam Indonesia yang luar biasa, terrmasuk sumber daya Logam Tanah Jarang (LTJ) yang sejauh ini praktis belum dimanfaatkan. 


Keunggulan Inovasi:

  • Industri LTJ ini diharapkan dapat menjadi pemicu tumbuhnya industri  berteknologi tinggi yang mampu bersaing baik secara kualitas maupun ekonomis. 
     
  • Bahan baku dapat diperoleh secara lokal, sehingga dapat mengurangi ketergatungan Indonesia ke pihak asing.
  • Mengurangi ketergantungan Indonesia pada pasok produk-produk pertahanan, yang selain mahal juga selalu bernuansa politik internasional.  

Potensi Aplikasi:

Aplikasi pengembangan produk cat anti deteksi radar ini pada awalnya dikhususkan untuk pelapisan/coating bagi kapal-kapal TNI-AL yang memerlukan pengecatan anti-radar. Produk inovasi ini jug dapat diaplikasikan ke semua kedaraan atau pesawat militer/pertahanan agar memiliki kemampuan stealth (anti-radar).

 


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Wisnu Ari Adi, Guritno Gustianto, S. Far., Letnal Kolonel Ir. Teguh Pujianto, M.M., Yana Taryana, ST., MT

Institusi

PSTBM - BATAN

Alamat

Kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi