• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Deterjen Bubuk Ramah Lingkungan

Green Detergent

Deskripsi Singkat


Buah Klerak sudah lama dikenal oleh masyarakat sebagai bahan pembersih kain Batik. Masyarakat menggunakannya dengan menggosokan buah ke kain batik dan proses ini sangatlah tidak efisien. Berbagai upaya dilakukan untuk mengembangkan deterjen yang praktis dari buah Klerak dengan kandungan saponin (surfaktan alami), antara lain mengubahnya menjadi bubuk yang lebih efisien.

Penggunaan serbuk buah Klerak atau disebut Green Detergentdapat menjadi solusi masalah pencemaran lingkungan akibat deterjen sintetik yang mengandung zat sintetik berbahaya. Pembuatan Green Detergentini tidak menggunakan penambahan bahan kimia sintetik sehingga tidak menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Green Powder Detergent

 

Short Description


Klerak fruit (Sapindus rarak DC) is known traditionally as natural detergent by people in Java. Rubbing the fruit to the fabric is impractical, thus to transform it into powder is a very promising innovation.

The powder Green Detergent made from Klerak, contains natural surfactant saponin, with no additional synthetic chemical, thus it is environmentally friendly. It is as good as the synthetic detergent.


Perspektif

Plastik komposit dari bahan alami, berasal dari bahan yang tebaharui (renewable), serta tidak beracun adalah tren dari pengembangan bahan plastik masa depan untuk meningkatkan sifat biodegradable bahan plastik yang belum ramah lingkungan.

Keunggulan Inovasi:

  • Bersifat ramah lingkungan dan dapat menyelesaikan masalah mengenai pencemaran lingkungan karena penggunaan deterjen sintetik.
  • Bentuk bubuk praktis, mudah digunakan dan bermutu.

Potensi Aplikasi:

Bubuk Saponin sebagai substitusi deterjen sintetik. Pengembangannya bisa untuk bidang kesehatan dan ekologi pembasmi hama yang ramah lingkungan, suplemen diet kaya nutrisi juga sebagai adjuvan dalam pembuatan vaksin.


Innovator:

Tim Inovasi

Alvin Kurniawan; Hogiarta Sutiono; Zakarias Danu Jatmiko; Ong Lu Ki; Suryadi Ismadji

Institusi

Teknik Kimia Unika Widya Mandala Surabaya

Alamat

Kalijudan 37, Surabaya

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi