• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Detektif flu Burung

Pembuatan Rapid Test" Menggunakan Teknik Koaglutinasi Tidak Langsung untuk Deteksi Antibodi Flu Burung

Deskripsi Singkat


Flu burung telah bersifat enzootik pada ayam, sehingga memungkinkan terjadinya infeksi silang dari ayam ke binatang lain, bahkan ke manusia. Saat ini belum tersedia alat uji cepat untuk mendeteksi keberadaan virus flu burung (H5N1) pada manusia karena ukurannya yang sangat kecil. lsolasi virus H5N1 ini juga memerlukan persyaratan yang sangat rumit, mahal dan waktu yang lama.

Jejak infeksi yang ditinggalkan oleh virus H5N1 pada seseorang sebenarnya bisa ditunjukkan dengan keberadaan antibodi spesifik terhadap virus tersebut. Salah satu cara mendeteksi keberadaan antibodi ini adalah dengan teknik koaglutinasi tidak langsung, dimana dengan protokol ini mampu dideteksi keberadaan antibodi spesifik terhadap virus H5N1 secara cepat dan akurat.

Al Detective

 

Short Description



Avian Influenza (Al) is enzootic in chicken and now can cross infect other animals and also human. No economical rapid test method is known to detect this virus (H5N1) directly due to its micro size.

A new method to detect traces of infections by the virus, the antibody,is developed. Specific antibody coagglutination is prospectively fast and accurate to indirectly detect the existence of H5N1 in human body.


Perspektif

Seperti pada kejahatan yang meninggalkan jejak, semua penyakit pasti menimbulkan reaksi, tinggal bagaimana kita mendeteksi gejala yang timbul, menggunakan teknologi yang tepat untuk menjadikannya cepat dan akurat akan menghindari jatuhnya korban lebih lanjut.

Keunggulan Inovasi:

  • Pelaksanaan uji yang mudah dan murah.
  • Hasil uji dapat diketahui dengan segera, spesifik dan memiliki sensitivitas yang tinggi.
  • Dapat dikembangkan untuk mendeteksi keberadaan antibodi flu burung dalam tubuh induk semang.
  • Tidak menimbulkan iritasi pada kulit.


Potensi Aplikasi:

Dapat dimanfaatkan oleh industri farmasi, obat-obatan peternakan, maupun otoritas kesehatan pemerintah dalam menanggulangi H5N1. Berpotensi dikembangkan untuk mendeteksi wabah akibat virus dengan sifat-sifat yang sejenis dengan Flu Burung.


Innovator:

Tim Inovasi

Prof. Dr. drh. I Wayan Teguh Wibawan, MS

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Dit. RKS PB Ged. Rektorat PB Lt. 5 Kampus PB Darmaga

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi