• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Deteksi TB Cepat dan Ditempat

TB-Analyzer: Perangkat Penghitung Otomatis Bakteri Tuberkolosis

Deskripsi Singkat


Tuberkulosis adalah penyebab kematian terbesar di Indonesia, dan salah satu penyebabnya adalah tidak akuratnya informasi tingkat keparahan penderita, yang pemeriksaanya diatur sesuai ketentuan WHO, yaitu dengan memeriksa 100 lapang pandang, yang sangat melelahkan dan bisa berakibat kesalahan pembacaan. TB-Analyzer merupakan sistem terpadu aplikasi analisis citra mikroskopis digital, yang dilengkapi dengan antarmuka penggerak meja preparat, guna mendapatkan fokus pada bakteri tuberkulosis, dan mendapatkan puluhan lapang pandang yang tidak tumpang tindih sekaligus, untuk selanjutnya menggabungkan keseluruhan citra yang didapat menjadi satu citra panorama.

 

 

 

 

 

Quick TB Detection In-Situ

 

Short Description


Tuberculosis is the biggest cause of death in Indonesia, and one of the causes is inaccurate information on the severity of patients, whose examinations are regulated according to WHO provisions, namely by checking 100 fields of view, which are very tiring and can result in reading errors. TB-Analyzer is an integrated system of digital microscopic image analysis applications, which are equipped with interface to position the specimen table to focus on tuberculosis bacteria, and take dozens of non-overlapping images instantly, then combine the images into one panoramic image.

 


Perspektif

Kalau pemeriksaan mikroskopis masih mensyaratkan penggunaan mata pemeriksa; otomasi dan robot dapat membantu mengurangi kelelahan mata mereka.


Keunggulan Inovasi:

  • Proses pembacaan dan perhitungan jumlah bakteri tuberkulosis dipermudah dan dipercepat.
  • Penghitungan bakteri  lebih akurat dan menyeluruh, tidak ada area yang terlewatkan, mengurangi resiko pembacaan rangkap, atau resiko bakteri tidak terbaca.
  • Konsistensi dan kualitas citra yang dihasilkan meningkat karena adanya protokol iluminasi dan pencitraan, sehingga`dapat mengurangi resiko kesalahan pembacaan baik manual ataupun otomatis.
  • Bersifat portable, dapat digunakan untuk melakukan diagnosis ditempat dimana pasien berada, sehingga membantu diagnosis secara cepat.
  • Menghasilkan citra digital yang dapat disimpan dalam database untuk digunakan secara bersama oleh berbagai pihak.

Potensi Aplikasi:

 TB-Analyzer dapat diaplikasikan sebagai alat diagnosis tuberkulosis yang dekat dengan pasien berada, sehingga diagnosis dapat ditegakkan secara tepat dan cepat; dan pada gilirannya membantu pemerintah memperluas cakupan wilayah layanan kesehatan untuk memerangi tuberkulosis. Karena menghasilkan data dan citra digital, jejaring alat ini dapat mendukung pemerintah dalam membangun database penyakit tuberkulosis di Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak terkait dalam penanggulangan.  

 


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. I Ketut Eddy Purnama ST., MT., ARIEF KURNIAWAN ST., MT., Dr. Ir. Arman Hakim Nasution, M.Eng, Dr. Supeno Mardi Susiki Nugroho, S.T., M.T

Institusi

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Alamat

Kampus ITS, Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi