• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Deteksi Padi Kurang Gizi

Android Nitro-Analysis (ANALYS): Aplikasi Cerdas Identifikasi Kebutuhan Pupuk Padi Melalui Pemrosesan Citra Daun

Deskripsi Singkat


Kondisi defisiensi nitrogen pada padi dapat dilakukan dengan Bagan analisis Warna Daun (BWD). Hasil dari pembandingan visualisasi daun padi dapat mendeteksi kondisi defisiensi nitrogen yang menandakan padi kurang mendapatkan pupuk N. Teknologi untuk mendeteksi hal ini sudah tersedia, namun biayanya mahal, serta kurang praktis untuk dimanfaatkan oleh petani umumnya.

Android Nitro-Analysis (ANALYS) adalah inovasi teknologi untuk melakukan analisis BWD padi, cukup dengan memanfaatkan teknologi android dan kamera telepon seluler. Petani akan dapat melakukannya sendiri, dan bisa mengatur pemupukan tanaman padinya secara optimal.

Malnourished Paddy Detection

 

Short Description


The leaf color chart (LCC) is a tool to assess paddys nitrogen status. It can guide farmers to apply nitrogen fertilizer optimally. The technology is readily available, but it is too costly and unpractical for use by farmers.

Android Nitro-Analysis (ANALYS) is an inovation to do LCC analysis, by using an ordinary android cellphones equipped with camera. It is now possible for paddy farmers to do LCC analysis themselves, and optimize the application of nitrogen fertilizers.


Perspektif

Teknologi akan memberikan sumbangan maksimal apabila bisa dimanfaatkan secara langsung di tempat kerja yang sebenarnya. Menggantikan teknologi lama dengan yang modern dan praktis, memberdayakan petani untuk langsung bertindak tanpa bergantung pada sistem lama yang terbatas distribusinya juga aplikasinya di lapangan.

Keunggulan Inovasi:

  • Deteksi BWD dapat dilakukan secara murah dan instan
  • Praktis bagi petani, hanya memerlukan telepon seluler dengan kamera
  • Terdapat pilihan informasi mengunakan audio.


Potensi Aplikasi:

Aplikasi ini tidak hanya bagi tanaman padi, tetapi juga untuk tanaman lainnya. Dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan masyarakat: petani, akademisi, peneliti, penyuluh pertanian, bahkan oleh perusahaan dalam bidang pertanian.


Innovator:

Tim Inovasi

Hendrik; M. Baidowi; Irma Lasmiana; Wildan Novebiyatno; Firman Ardiansyah S.Komp., M.Si

Institusi

Institut Pertanian Bogor

Alamat

Kantor Direktorat Riset dan Kajian Strategis IPB Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Lt. 5 Kampus IPB Darmaga - Bogor 16680

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi