• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Dari Sapi untuk Ikan

Produksi Pelet (Pakan Ikan, Udang, dan Unggas dari Kotoran Sapi)

Deskripsi Singkat


Pakan ikan, udang, dan unggas merupakan kunci vital dalam budidaya ternak. Tingginya harga pakan membuat peternak kesulitan mendapatkan keuntungan. Pakan yang terbuat dari kotoran sapi yang masih mengandung protein dan gizi cukup tinggi dapat menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut.

Sapi diberikan formulasi bakteri tertentu sehingga menghasilkan kotoran yang tidak berbau. Kotoran sapi yang dihasilkan kemudian diproses menjadi pelet untuk pakan ikan, udang, dan unggas.

Kemampuan mengolah kotoran sapi menjadi pelet oleh masyarakat secara swadaya bisa mendorong pengembangan peternak di Indonesia mengurangi ketergantungan terhadap pelet pakan ikan pabrikan yang makin mahal harganya.

From Cow for Fish

 

Short Description


Providing the ability for farmers to produce their own fish-pellets fodder from cows manure will be beneficial for the society. Cows are fed with special bacteria so that their manure does not smell bad, and has a finer and softer texture. Fish pellets from cow manure are easier to process and cheaper than factory-produced ones. This innovation can help farmers to add more value to their cow farm.


Perspektif

Memotivasi masyarakat menjadi peternak mandiri, dengan belajar dari rantai makanan alami yang efisien, yang keluar dari hewan yang satu bisa dimanfaatkan oleh hewan yang lainnya.

Keunggulan Inovasi:

  • Bahan medianya sudah diolah di dalam perut sapi sehingga halus sekali dan teksturnya lembut
  • Kotoran sapi dapat diambil biogasnya lebih dahulu sebelum dimanfaatkan kotorannya
  • Merangsang pertumbuhan peternak sapi dengan mengoptimalkan pemanfaatan hasil samping dari sapi, sehingga usaha ternak menjadi lebih menguntungkan

Potensi Aplikasi:

Peternak sapi, UMKM, dan peternak ikan


Innovator:

Tim Inovasi

Soelaiman Budi Sunarto; Puji Untoro; Suryadi

Institusi

Agromakmur

Alamat

Jl. Joko Songo 33, Doplang, Karangpandan, Karanganyar, Solo

Status Paten

Kesiapan Inovasi

Kerjasama bisnis

Peringkat Inovasi


File

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi