• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Dari Limbah Jadi Energi

Teknologi Pemanfaatan Limbah Biomassa Untuk Bahan Bakar Alternatif Industri

Deskripsi Singkat


Limbah serbuk kayu dan ampas kopi berpotensi dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif berbasis biomassa (biopelet) karena memiliki nilai kalori yang cukup tinggi, dan tidak menghasilkan asap yang pekat, serta lebih murah dibandingkan bahan bakar gas. Hasil uji aplikasi menunjukkan bahwa biopelet dapat meningkatkan efisiensi waktu proses dan menurunkan biaya produksi, sebagai sumber energi alternatif untuk industri kelas rumah tangga.

Waste to Energy

 

Short Description


Wood dust and coffee pulp waste have the potential to be used as biomass-based alternative fuel (biopelet), since it has a high calorific value, does not produce heavy smoke, and is cheaper than gas fuel. The application test shows that the use of biopelet improve the efficiency of processing time and reduce production costs among the small/ household industries. 


Perspektif

Semua bentuk hasil pengolahan limbah dimulai dengan biaya bahan yang cuma-cuma. Tantangannya adalah menemukan nilai gunanya, serta manajemen pengolahannya.


Keunggulan Inovasi:

  • Hasil uji biopelet mempunyai nilai kalori yang tinggi, 5.000 kcal/kg, lebih tinggi dibandingkan wood pellet di pasar dengan nilai kalori sekitar 4.300 kcal/kg.
     
  • Bahan baku 100% dari limbah biomassa berupa serbuk kayu dari industri pengolahan kayu, serta limbah kopi dari industri kopi.

Potensi Aplikasi:

Saat ini pelaku industri kecil dan rumah tangga bergantung pada ketersediaan gas/minyak sebagai bahan bakar industri yang masih disubsidi. Biopelet bisa menggantikan bahan bakar gas/minyak, yang ramah lingkungan, dan lebih ekonomis jika dibandingkan dengan bahan bakar gas dimana terdapat efisiensi biaya sebesar 40%.  

 


Innovator:

Tim Inovasi

Dr. Lisman Suryanegara, M.Agr, Ismadi, M.T., Sudarmanto, S.T, M. Gopar, S.T, Andi Wicaksono, Wahyudi

Institusi

Pusat Penelitian Biomaterial LIPI

Alamat

Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, Jl. Raya Bogor KM 46 Cibinong Kabupaten Bogor

Status Paten

Telah Terdaftar

Kesiapan Inovasi

*** Telah Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

*** Terbuka

Peringkat Inovasi

*** Paling Prospektif


File

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi