• +6221 4288 5430
  • +62 8118 242 558 (BIC-JKT)
  • +62 8118 242 462 (BIC-INA)
  • info@bic.web.id

Chitosan: Sang Penjernih Air

Penggunaan Chitosan Sebagai Koagulan Pada Pengolahan Air Bersih dan Air Limbah

Deskripsi Singkat


Kebutuhan air bersih semakin meningkat setiap harinya, sehingga sangat wajar jika industri water treatment di lndonesia pun terus bertumbuh dan kebutuhan akan bahan penjernih air pun terus meningkat.

Ternyata bahan penjernih air bisa dibuat dari cangkang rajungan. Cangkang rajungan mengandung bahan polikarbohidrat chitosan yang berfungsi sebagai koagulan pada pengolahan air limbah untuk mengendapkan kotoran-kotoran yang terkandung di dalam air.

Proses koagulasi ini merupakan bagian primer pada proses pengolahan air limbah. Chitosan dapat menggantikan koagulan kimia yang umum digunakan, karena berpotensi bisa lebih murah, tidak beracun, dan bisa luruh secara alami (biodegradable).

Chitosan: Sang Penjernih Air

 

Short Description


Water treatment industries always need coagulant for their water purifying process. The positive charge in coagulant will neutralize negative charges surrounding the solid particles in water changing them into sediment.

Naturally friendly Chitosan can replace synthetic coagulant. Chitosan, produced from crab shells has equal, if not better performance if compared to synthetic coagulants. Moreover, chitosan is cheaper, non-toxic, and biodegradable.


Perspektif

Air bersih adalah kebutuhan utama manusia. Kemampuan kita menghasilkan air bersih secara mandiri, ekonomis dan bersahabat dengan lingkungan; akan menjamin kelangsungan kehidupan kita.

Keunggulan Inovasi:

  • Bekerja lebih baik sebagai koagulan dibandingkan banyak koagulan sintetis
  • Harga lebih murah dibandingkan koagulan impor sehingga berpotensi secara ekonomis/bisnis
  • Tidak beracun
  • Biodegradable

Potensi Aplikasi:

Dapat diaplikasikan sebagai koagulan pada industri pengolahan air minum, pengolahan air limbah, atau untuk skala mikro, dapat menyediakan air bersih secara mandiri.


Innovator:

Tim Inovasi

Bima Soeria Koesoemo; Albertus Digwijaya

Institusi

CV Sinerga lndonesia

Alamat

Kawasan Industri Tugu Wijaya Kusuma, Jl. Industri Wijaya IV/2 Semarang

Status Paten

Dalam Proses Pengajuan

Kesiapan Inovasi

** Siap Dikomersialkan

Kerjasama bisnis

** Luas

Peringkat Inovasi

** Sangat Prospektif


File

Gambar 2

Gambar 1

Gambar 2


Video

Tidak ada


Perkembangan Inovasi